Studi Komparasi Metode Syarah Hadis Bulugh Al-Maram Karya Muhammad Muhajirin Amsar Dan ‘Abd Al-Manan Bin Abd Al-Manaf

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sakinah, Fatihatus (2020) Studi Komparasi Metode Syarah Hadis Bulugh Al-Maram Karya Muhammad Muhajirin Amsar Dan ‘Abd Al-Manan Bin Abd Al-Manaf. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fatihatus Sakinah_F02818311.pdf

Download (8MB)

Abstract

Hadis sebagai rujukan hukum Islam, membutuhkan penjelasan atasnya supaya dipaham. Ulama nusantara ikut andil dalam bidang ini untuk menjelaskan hadis-hadis yang terdapat dalam kitab hadis yang populer di nusantara, yakni Bulugh al-Maram. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif yang datanya bersumber dari pustaka (library research), dan menguunakan analisis isi dan komparasi. Penelitian ini akan mengarah pada 1) karakteristik pensyarahan kitab Misbah al-Zalam Sharh Bulugh al-Maram karya Muhammad Muhajirin Amsar Bekasi dan kitab Manba’ al-Ahkam fi Bayan Bulugh al-Maram karya Abd Manan bin Abd Manaf, 2) Bagaimana latar belakang dikarangnya 3) Bagaimana komparasi pensyarahan kitab hadis Bulugh al-Maram antara Muhammad Muhajirin Amsar Bekasi dan Abd Manan bin Abd Manaf. Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Karakteristik pensyarahan ulama abad Misbah al-Zalam Sharh Bulugh al-Maram antara lain, menggunakan metode muqarin dan teknik interpretasi intertekstual, serta cenderung pada corak fiqhi dan lughawi. Adapun karakteristik pensyarahan Manba’ al-Ahkam fi Bayan Bulugh al-Maram adalah, menggunakan metode ijmali, teknik interpretasi tekstual, dan memiliki kecenderungan pada corak fiqhi. 2) Kitab Misbah al-Zalam dikarang atas dasar kekaguman Muhajirin terhadap kitab Bulugh al-Maram dan posisi Bulugh al-Maram yang cukup urgen dalam pencarian rujukan dasar hukum Islam. Adapun kitab Manba’ al-Ahkam lahir sebagai jawaban atas permintaan seorang teman pengarang Abd al-Manan terhadap karangan yang menjelaskan dasar hukum Islam yang bisa diterima diberbagai kalangan. 3) Persamaan dari sama pensyarah ini ialah sama-sama menggunakan pendekatan bahasa dan menampilkan ikhtilaf madzhab dalam syarahnya. Perbedaan pensyarahan terjadi pada aspek metode dan konten pensyarahan yakni Muhammad Muhajirin Amsar menggunakan metode muqarin dan hasil pensyarahan mengarah pada penghimpunan makna lengkap (The complete meaning), sedangkan Abd Manan menggunkan metode ijmali dam hasil pensyarahnnya menarah pada pencarian makna untuk diaplikasikan (The Applicable Meaning).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sakinah, FatihatusUNSPECIFIEDF02818311
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMuhid, Muhidmuhid@uinsby.ac.id2002106301
Subjects: Hadis
Keywords: Misbah al-Zalam: Manba’ al-Ahkam: Metode Syarah Hadis: Komparasi.
Divisions: Program Magister > Ilmu Hadis
Depositing User: Editor : Kuntum L.R------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 26 Jun 2020 07:29
Last Modified: 26 Jun 2020 07:29
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/41597

Actions (login required)

View Item View Item