Metode dakwah Tandzir dalam film Dua Garis Biru dengan perspektif teori makna Leksikal

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wahyuning, Tyas Yunia (2020) Metode dakwah Tandzir dalam film Dua Garis Biru dengan perspektif teori makna Leksikal. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Tyas Yunia Wahyuning_B91216105.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang metode dakwah tandzir dalam film “Dua Garis Biru” melalui perspektif teori makna leksikal milik Parera. Peneliti memilih film ini sebagai objek penelitian dikarenakan memiliki ciri khas menceritakan tentang dua remaja yang melakukan hubungan seksual diluar pernikahan, dalam film ini terdapat pembahasan mengenai seks, dimana pembahasan seks seperti itu sering kali di anggap tabuh oleh sebagian masyarakat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif tekstual, dan jenis penelitiannya teks media menggunakan teori makna leksikal Parera. Teknik pengumpulan data dengan cara dokumentasi yakni berupa transkip film. Penelitian ini fokus pada dialog adegan pada film sehingga film ini cocok diteliti menggunakan makna leksikal. Peneliti mengambil beberapa dialog adegan yang merujuk pada metode dakwah tandzir dengan menggunakan teori makna leksikal. Berdasarkan hasil peneltian terdapat kesimpulan bahwasanya dari film “Dua Garis Biru” itu terdapat metode tandzir berupa penyebutan nama Allah, menunjukkan keburukan, pengungkapan bahaya dan penyebutan peristiwa akhirat. Peneliti berharap agar film ini diteliti dari sisi lain dengan menggunakan analisis maupun fokus yang berbeda, agar mendapatkan hasil penelitian yang bervariasi dari film ini.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wahyuning, Tyas Yuniatyasyuniaw@gmail.comB91216105
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHuda, Sokhisokhi.huda@uinsby.ac.id2128016701
Subjects: Komunikasi Islam
Komunikasi Islam > Komunikasi
Keywords: Metode Dakwah Tandzir; Film “Dua Garis Biru”; Teori Makna Leksika
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Tyas Yunia Wahyuning
Date Deposited: 29 Jun 2020 07:01
Last Modified: 29 Jun 2020 07:01
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/41613

Actions (login required)

View Item View Item