Revitalisasi nilai-nilai akidah Islam pada pembelajaran PAI melalui pembacaan doa kafaratul majelis di MA Mambaus Sholihin Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Vachruddin, Vrisko Putra (2020) Revitalisasi nilai-nilai akidah Islam pada pembelajaran PAI melalui pembacaan doa kafaratul majelis di MA Mambaus Sholihin Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Vrisko Putra Vachruddin_D91216084.pdf

Download (2MB)

Abstract

Hal yang akan dikaji dalam penelitian ini, yaitu: (1) Apa saja nilai-nilai akidah Islam dalam pembacaan doa kafaratul majelis ? (2) Bagaimana relevansi pembacaan doa kafaratul majelis dengan model pembelajaran di MA Mambaus Sholihin Gresik ? (3) Bagaimana revitalisasi nilai-nilai akidah Islam pada pembelajaran PAI melalui pembacaan doa kafaratul majelis di MA Mambaus Sholihin Gresik ?. Pembacaan doa kafaratul majelis di akhir kegiataan pembelajaran baik secara formal maupun non formal sudah tidak umum lagi ditelinga kita. Banyak dari kalangan-kalangan tertentu tidak mengetahui tujuan atau pun kegunaan membaca doa kafaratul majelis. Padahal mereka selalu membaca doa tersebut di akhir kegiatan mereka. Padahal jika kita telisik lebih dalam lagi terdapat nilai-nilai akidah Islam dalam pembacaan doa kafaratul majelis. Bahkan pembacaan doa kafaratul majelis di pondok pesantren Mambaus Sholihin terutama di MA Mambaus Sholihin sangat penting dilakukan bahkan sudah menjadi kebiasaan dari generasi ke generasi yang tidak boleh ditinggalkan begitu saja. Oleh karena itu, dalam penelitian ini penulis ingin mengkaji lebih dalam terkait nilai-nilai akidah Islam dalam pembelajaran PAI melalui pembacaan doa kafaratul majelis secara teori serta kajian fenomenologi terkait praktek dan pelaksanaan pembacaan doa kafaratul majelis berupa sejarah dan budaya di MA Mambaus Sholihin. Setelah itu penulis menganalisis terkait usaha merevitalisasi nilai-nilai akidah Islam pada pembelajaran PAI melalui doa kafaratul majelis di MA Mambaus Sholihin serta relevansinya dengan model pembelajaran di MA tersebut. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kualitatif yang berbentuk deskriptif dan jenis penelitiannya adalah phenomenology (fenomena) dengan pendekatan fenomenologi. Adapun sumber datanya diambil dari wawancara, observasi dan dokumentasi sebagai data primer, serta data sekuder berupa buku, naskah, kitab, internet yang berhubungan tentang nilai-nilai akidah Islam serta doa kafaratul majelis. Berdasarkan analisis penulis, revitalisasi nilai-nilai akidah Islam pada pembelajaran PAI melalui pembacaan doa kafaratul majelis pada pembelajaran PAI (pendidikan agama Islam) di MA Mambaus Sholihin dilakukan dengan cara membaca doa kafaratul majelis secara bersama-sama antara guru dan murid yang dipimpin oleh guru pada setiap akhir jam mata pelajaran atau sebelum pergantian jam mata pelajaran dilakukan. Nilai-nilai akidah Islam pada pembelajaran PAI melalui pembacaan doa kafaratul majelis di MA Mambaus Sholihin mencangkup 1. Ilahiyyat, Shiffat: Nilai Keyakinan dengan memuji-Nya, Af’al: Nilai ikhlas dan tawakkal, Nilai rendah diri dan mudah memaafkan, Nilai istiqomah, Nilai taubat dan memaafkan 2. Nubuwwat: Nilai ittiba’ kepada Rasul 3. Ruhaniyyat: Nilai menumbuhkan rasa semangat dan penuh motivasi 4. Sam’iyyat: Nilai diampuni kesalahannya selama di majelis.
Kata Kunci: Nilai, Akidah Islam, Doa Kafaratul Majelis.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Vachruddin, Vrisko Putravriskoputra@gmail.comD91216084
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSyaifuddin, Syaifuddinsyaifuddin_mr@yahoo.co.id2029116901
Thesis advisorRubaidi, Rubaidiubeduinsby@gmail.com2010067101
Subjects: Aqidah
Aqidah
Wajib Belajar > Aqidah

Doa dan Zikir
Pendidikan Islam
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Materi
Keywords: Nilai; Akidah Islam; Doa Kafaratul Majelis
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: VRISKO VACHRUDDIN
Date Deposited: 30 Jun 2020 02:49
Last Modified: 10 Sep 2020 13:16
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/41636

Actions (login required)

View Item View Item