Pemetaan Kajian Tafsir pada pascasarjana tiga Universitas Islam Negeri

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hasyim, Muh. Fathoni and Channa AW, Liliek (2019) Pemetaan Kajian Tafsir pada pascasarjana tiga Universitas Islam Negeri. Other thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muh. Fathoni Hasyim_Pemetaan Kajian Tafsir.pdf

Download (15MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/41660

Abstract

Pemetaan kajian tafsir Alquran di beberapa perguruan tinggi Islam merupakan pengembangan metode kajian tafsir yang terus melaju cepat, seiring dengan perkembangan sosial dan ilmu pengetahuan. Kebutuhan atas tafsir Alquran yang dapat menjawab persoalan umat adalah merupakan keniscaaan. Penelitian ini bertujuan untuk memetakan Kitab Tafsir apa yang banyak dicitasi dalam penulisan tesis lima tahun terakhir. Kitab tafsir apa yang paling berpengaruh dan yang ketiga untuk mengetahui kecenderungan mahasiswa tiga pascasarjana UIN tersebut. Untuk memetakan kajian tersebut, digunakan metode sitiran terhadap kitab tafsir yang dijadikan referensi, dan hasil penelitian menunjukkan adanya kesamaan, yaitu menempatkan kitab Tafsir yang berbahasa Indonesia pada peringkat pertama, karena dapat dengan mudah dan cepat mengakses informasi yang diperlukan. Dan tafsir yang banyak disitir adalah tafsir yang memberikan solusi terhadap masalah sosial yang dihadapi. Oleh karena itu, perlu ditumbuhkembangkan terus penafsiran ayat-ayat Alquran dengan menggunakan media bahasa yang dipahami oleh masyarakat dan dapat memberi solusi terhadap persoalan umat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Other)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hasyim, Muh. Fathonimufah.hasyim@gmail.com2010015601
Channa AW, Lilieklilikchanna@gmail.com2018126701
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
UNSPECIFIED., .UNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Tafsir > Tafsir Al Qur'an
Keywords: Pemetaan; tafsir alquran; citasi; akses
Divisions: Karya Ilmiah > Laporan Penelitian
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 30 Jun 2020 14:01
Last Modified: 30 Jun 2020 14:01
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/41660

Actions (login required)

View Item View Item