Qarin perspektif Al-Alusi dalam tafsir Ruh Al-Ma'ani

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Aminullah, Aminullah (2020) Qarin perspektif Al-Alusi dalam tafsir Ruh Al-Ma'ani. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Aminullah_E93216103.pdf

Download (1MB)

Abstract

Sebagai orang yang beriman, kita wajib mempercayai adanya mahkluk ghaib antara lain, jin, setan, iblis, malaikat. Keberadaan makhluk tersebut dijelaskan secara detail oleh alquran dan hadith. jin terbagi menjadi golongan jin baik dan jahat, beriman dan kafir seperti halnya manusia. Dia juga diberi hak, kewajiban dan tanggung jawab oleh Allah SWT. Sementara iblis merupakan makhluk dari golongan jin yang ingkar dan sombong kepada Allah SWT. Hal tersebut terbukti ketika Allah memerintahkan iblis untuk sujud kepada nabi Adam. Pada awalnya iblis merupakan golongan jin, namun karena kedurhakaan serta kutukan yang ditimpakan padanya menyebabkan iblis menjadi golongan tesendiri sebagaiman firman Allah SWT dalam alquran surah al-Kahfi ayat 50. Sedangkan setan difahami sebagai wujud kejahatan. Semua perbuatan setan berioentasi kepada perkara yang buruk dan mungkar. Dalam suatu hadith dijelaskan bahwa setiap manusia hidup di dunia ini ditemani oleh makhluk yang bernama qarin. Menurut Ulama’, qarin ini adalah golongan setan yang mempunyai misi untuk menyesatkan manusia selama hidupnya. Namun, selama ini orang-orang menisbatkan qarin kepada jin (jin qarin). Untuk mengungkap sosok qarin tersebut, peneliti menggunakan tafsir Ruh al-Ma’ani karya al-Alusi. Tafsir ini dinilai sebagai tafsir yang ensikopledis dan komprehensif karena menafsirkan ayat alquran secara detail dari berbagai dimensi, memaparkan pendapat-pendapat para ulama sebelumnya serta menggabungkan antara sumber bi al-ma’thur dan bi al-Ra’y. Adapun rumusan masalah yang akan diteliti adalah bagaimana penafsiran al-Alusi mengenai qarin dalam tafsirnya dan bagaimana implikasi penafsiran qarin oleh al-Alusi terhadap kehidupan manusia. Penelitian ini merupakan model penelitian kualitatif. Sedangkan jenis penelitiannya adalah library research. Teknis analisis yang digunakan adalah content analyisis. Dari hasil penelitian, menunjukkan bahwa qarin merupakan sahabat karib yang setia menemani manusia selama hidupnya. Ia berusaha menyesatkan manusia dan menjerumuskan mereka ke dalam neraka. Qarin bisa berupa setan, jin, manusia bahkan hawa nafsu. Bahkan qarin yang berupa manusia lebih berbahaya dari pada yang lain. Oleh karena itu, diperlukan cara-cara efektif untuk membentengi diri dari qarin tersebut di antaranya adalah selalu memohon perlindungan setiap, berdzkir kepada Allah setiap saat, dan sering berkumpul dengan orang-orang baik (saleh)

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Aminullah, Aminullahaminullahamin270198@gmail.comE93216103
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKholid, Abdalidoktaf@gmail.com2002026501
Subjects: Tafsir > Tafsir Al Qur'an
Keywords: Qarin; al Alusi; Ruh al Ma’ani
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Aminullah Aminullah Aminullah
Date Deposited: 02 Jul 2020 02:12
Last Modified: 02 Jul 2020 02:12
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/41673

Actions (login required)

View Item View Item