Pengaruh pembelajaran turjuman al-Qur’an metode Ummi terhadap kemampuan siswa dalam memahami al-Qur’an di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Ghilmani

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Syaibani, Izatul A'yun (2020) Pengaruh pembelajaran turjuman al-Qur’an metode Ummi terhadap kemampuan siswa dalam memahami al-Qur’an di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Ghilmani. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Izatul A'yun Syaibani_D91216058.pdf

Download (4MB)

Abstract

Kondisi umat Islam saat ini dalam hal kemampuan membaca dan memahami Al-Qur’an masih sangat memprihatinkan. Tentu ini menjadi sebuah permasalahan yang harus dicarikan solusi. Turjuman Al-Qur’an metode Ummi merupakan salah satu solusi untuk menangani permasalahan tersebut. Dalam pembelajaran Turjuman Al-Qur’an metode Ummi siswa diajari untuk menjaga bacaan Al-Qur’an dengan tartil, pemahaman makna perkata, perkalimat, serta intisari dari ayat-ayat Al-Qur’an. Namun, dengan adanya pembelajaran tersebut perlu diteliti bagaimana pelaksanaan pembelajaran Turjuman Al-Qur’an metode Ummi serta pengaruhnya kepada siswa dalam hal kemampuan pemahaman Al-Qur’an. Sehingga skripsi ini akan meneliti pengaruh pembelajaran Turjuman Al-Qur’an metode Ummi terhadap kemampuan siswa dalam memahami Al-Qur’an di SDIT Ghilmani. Bentuk penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan obyek penelitian di SDIT Ghilmani Surabaya. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode kuantitatif serta alasis data yang digunakan yaitu Uji T menggunakan spss versi 20. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai t hitung lebih besar dari t tabel (42,537 > 2,026) dengan demikian H0 ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Turjuman Al-Qur’an metode Ummi memiliki pengaruh terhadap kemampuan siswa dalam memahami Al-Qur’an di SDIT Ghilmani.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Syaibani, Izatul A'yunizatulayun97@gmail.comD91216058
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorZaini, Achmadzainiazami@yahoo.com2012057001
Thesis advisorFaizin, Mohfaizin-ahwan@yahoo.com2015087202
Subjects: Metode Pembelajaran
Al Qur'an
Keywords: Pengaruh; Turjuman Al-Qur’an; Pemahaman Al-Qur’an
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Izatul A'yun Syaibani
Date Deposited: 02 Jul 2020 07:16
Last Modified: 02 Jul 2020 07:24
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/41677

Actions (login required)

View Item View Item