Pengaruh penerapan penggunaan voucher food di kantin sekolah terhadap pembentukan karakter jujur siswa di SMKN 1 Grati Pasuruan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Aini, Ani Qurrotul (2020) Pengaruh penerapan penggunaan voucher food di kantin sekolah terhadap pembentukan karakter jujur siswa di SMKN 1 Grati Pasuruan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ani Qurrotul Aini_D01216003.pdf

Download (3MB)

Abstract

Ani Qurrotul Aini, Pengaruh Penerapan penggunaan Voucher terhadap Pembentukan Karakter Jujur siswa di SMKN 1 Grati Pasuruan. Kejujuran merupakan salah satu masalah yang sulit untuk dipecahkan. Apalagi dikalangan pelajar. Kejujuran termasuk salah satu karakter yang harus di miliki oleh semua siswa. Dalam hal ini SMKN 1 Grati Pasuruan menerapkan Sebuah kantin yang bisa melatih siswanya untuk terbiasa berbuat jujur. Adapaun cara yang dilakukan yaitu dengan menggunakan Voucher Food di kantin sekolah. Voucher food merupakan alat transaksi yang sudah ditukarkan dengan uang di stand penukaran yang nantinya digunakan untuk membeli makanan ataupun minuman di kantin SMKN 1 Grati Pasuruan. Tujuan dari penelitian ini yaitu 1. Mengetahui bagaimana penerapan penggunaan voucher food di kantin SMKN 1 Grati Pasuruan, 2. Mengetahui bagaimana kejujuran siswa SMKN 1 Grati Pasuruan. 3. Mengetahui bagaimana pengaruh penggunaan Voucher food terhadap pembentukan karakter jujur siswa di SMKN 1 Grati Pasuruan. Penelitian ini termasuk jenis kuantitatif korelasoinal yang menggunakan metode wawancara, Dokumentasi, Observasi, dan penyebaran Angket tertutup. Dengan menggunakan rumus product moment, Peneliti menemukan adanya pengaruh penggunaan voucher food terhadap pembentukan karakter jujur siswa. Dimana hal tersebut sesuai dengan hasil observasi, Penyebaran angket tertutup serta data laporan harian kantin SMKN 1 Grati Pasuruan yang berisi tentang pemasukan hasil penukaran voucher food dengan uang tunai yang dilakukan oleh peneliti di SMKN 1 Grati Pasuruan. Penerepan Penggunaan Voucher di kantin SMKN 1 Grati Pasuruan sudah berjalan dengan baik Pelaksanaan penggunaan voucher food di kantin SMKN 1 Grati pasuruan dilakukan ketika siswa sudah melakukan penukaran uang distand penukaran yang sudah disediakan oleh petugas. Penukaran uang dengan voucher dilakukan pada saat jam istirahat sekolah. Adapun nominal untuk voucher itu sendiri itu ada tiga macam.yang pertama voucher food setara dengan uang dua ribu dan tiga ribu rupiah,voucher seharga dua ribu dan tiga ribu rupiah ini bisa digunakan untuk membeli minuman sehat yang sudah disediakan di kantin SMKN 1 Grati Pasuruan. Sedangkan voucher food yang setara denganuang lima ribu rupiah bisa digunakan untuk membeli aneka macam makanan sehat yang sudah disediakan di kantin SMKN 1 Grati Pasuruan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Aini, Ani Qurrotulana1729@gmail.comD01216003
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorThabrani, Ahmad Yusamayusamth71@gmail.com2022077101
Thesis advisorSyamsudin, Syamsudinsyamsudinuinsby@gmail.com2012096702
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan - Karakter
Keywords: kejujuran; Voucher Food.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ani Qurrotul Aini
Date Deposited: 03 Jul 2020 01:19
Last Modified: 03 Jul 2020 01:19
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/41683

Actions (login required)

View Item View Item