Pengaruh budaya literasi terhadap keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih kelas XI IPA di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hasanah, Uswatun (2020) Pengaruh budaya literasi terhadap keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih kelas XI IPA di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Uswatun Hasanah_D01216036.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Untuk mengetahui penerapan budaya literasi pada mata pelajaran Fiqih pada kelas XI IPA di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Sidoarjo (2) Untuk mengetahui dampak budaya literasi terhadap keaktifan siswa dalam pembelajaran Fiqih kelas XI IPA di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Sidoarjo (3) Untuk mengetahui output dari budaya literasi terhadap keaktifan siswa dalam pembelajaran Fiqih kelas XI IPA di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Sidoarjo. Untuk mencapai tujuan tersebut digunakan pendekatan penelitian kuantitatif. Adapun jumlah populasinya adalah 255 siswa siswi kelas XI IPA 1-7 tahun pelajaran 2019-2020 di MAN Sidoarjo. Sampel yang diambil adalah satu kelas yakni 33 siswa siswi XI IPA-3 dari populasi. Lokasi yang diteliti adalah terletak di Madrasah Aliyah Negeri Sidoarjo. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Sedangkan untuk pengelolahan data uji validitas menggunakan rumus prosentase pada tabel frekuensi, rumus product moment, dan rumus uji t. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) Budaya literasi tergolong “Cukup” dengan hasil 46,17% berada diantara 35%-65%. Dari hasil angket yang berjumlah 17 pernyataan dengan analisis hasil akhir angket yang berjumlah 2169 telah disebarkan kepada 33 responden tentang penggunaan budaya literasi pada mata pelajaran fiqih kelas XI Ipa di MAN Sidoarjo (2) Keaktifan siswa tergolong “Cukup” dengan hasil 30,99% berada diantara 30%-65%. Dari hasil angket 13 pernyataan dengan analisis hasil akhir angket yang berjumlah 1638 telah disebarkan kepada 33 responden tentang keaktifan siswa pada mata pelajaran fiqih kelas XI Ipa di MAN Sidoarjo (3) Pengaruh dalam adanya budaya literasi terhadap keaktifan siswa pada pelajaran fiqih kelas XI Ipa di MAN Sidoarjo. Berdasarkan analisis data menggunakan product moment memperoleh hasil 0,76 terletak antara 0,70 – 0,90 tergolong kuat atau tinggi, kemudian taraf signifikan 1% = 0,430 maka nilai “r” hitung 0,76 lebih besar daripada “r” tabel signifikan 7% = 0,334 dan 1% = 0,430 sehingga diperoleh uji t = 7.434186916, yang di dapat dari penelitian ini berarti antara keaktifan siswa mempunyai korelasi yang signifikan dengan metode budaya literasi sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara budaya literasi terhadap keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran fiqih kelas XI Ipa di MAN Sidoarjo.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hasanah, Uswatunuswatungrandneoplus@gmail.comD01216036
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSyaifuddin, Syaifuddinsyaifuddin_mr@yahoo.co.id2029116901
Thesis advisorRubaidi, Rubaidiubeduinsby@gmail.com2010067101
Subjects: Pendidikan
Pendidikan Islam
Keywords: Budaya Literasi; Keaktifan Siswa
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Uswatun Hasanah
Date Deposited: 10 Jul 2020 07:37
Last Modified: 10 Sep 2020 13:07
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/41723

Actions (login required)

View Item View Item