Sinergitas alumni dan pondok pesantren dalam pengembangan kewirausahaan: studi kasus di Pondok Pesantren Mambaul Ulum Bata-Bata dan Pondok Pesantren Darul Ulum Banyuanyar Pamekasan Madura

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ramin, Moh. (2020) Sinergitas alumni dan pondok pesantren dalam pengembangan kewirausahaan: studi kasus di Pondok Pesantren Mambaul Ulum Bata-Bata dan Pondok Pesantren Darul Ulum Banyuanyar Pamekasan Madura. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Moh. Ramin_F02418149.pdf

Download (1MB)

Abstract

Lembaga pendidikan yang tergolong memiliki kemandirian pada batas tertentu adalah pesantren, baik dalam hal pendanaan maupun dalam penyelenggaraan pendidikan. Pendidikan diyakini dapat menebarkan ilmu pengetahuan, keterampilan dan nilai-nilai yang dapat meningkatkan taraf hidup manusia. Oleh karenanya dalam hasil penelitian lapangan yang tujuannya untuk menjawab pertanyaan Bagaimana sinergitas antara alumni dan pesantren dalam pengembangan usaha di pesantren Mambaul Ulum Bata-Bata dan Pondok Pesantren Darul Ulum Banyuanyar Pamekasan Madura dengan mengulas dari sisi sinergi untuk membangun program-program pengembangan usaha di pesantren. Dalam hal ini pesantren mengajak para alumninya untuk ikut andil dalam berbagai hal program pengembangan. Sinergi ini sangatlah penting karena pondok pesantren saat ini telah dituntut bisa menampakkan kemandiriannya sehingga pesantren tidak hanya mampu menggiring para santrinya paham ilmu agama namun terlebih kepada pengetahuan yang sifatnya kewirausahaan. Penelitian ini merupakan field research (penelitian lapangan) dengan menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif analisis. Teknik pengumpulan datanya menggunakan wawancara, obsevasi dan dukumentasi tentang program sinergitas pondok pesantren dengan para alumninya dalam mengembang unit usaha di pondok pesantren. Data-data tersebut terhimpun kemudian diolah dan dianalisis dengan pola pikir diskriptif-induktif. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengembangan kewirausahaan oleh alumni dan pondok pesantren dimana terdapat pada tiga komponen, pertama, relasi, kedua, kepercayaan, ketiga, nilai-nilai pondok pesantren. Ketiganya merupakan modal utama dalam membangun sinergi dalam hubungan berbagai hal termasuk pengembangan kewirausahaan. Dengan tiga pilar tersebut tentu akan memberikan ruang yang luas bagi pesantren untuk bisa mengembangkan unit usaha yang dimilikinya begitupula sebaliknya. Secara otomatis tercipta adanya sinergi saling menguatkan bahkan pesantren mampu tumbuh secara mandiri khususnya pengembangan kewirausahaan. Sedangkan Hambatan dalam pengembangan kewirausahaan pondok pesantren diantaranya dari sumber daya santri, pengelolaan yang masih tradisional, Persaingan yang semakin ketat. Maka kegiatan Pondok Pesantren perlu ditumbuh kembangkan koperasi santri. Dengan didirikan koperasi santri, maka secara praktek para santri dapat belajar tentang berbagai pengetahuan dan ketrampilan usaha yang dapat dijadikan bekal dalam menekuni dan terjun ke dunia kewirausahaan baik selama menjadi santri dan terutama setelah mereka menyelesaikan studi. Dengan demikian, maka dapat disimpulkan bahwa dalam pengembangan kewirausahaan di pondok pesantren penting untuk di jalankan, terutama jika dikelola dengan manajemen kewirausahaan yang partisipatif dan profesional karena mempunyai peran yang amat penting untuk operasional keuangan pesantren, terutama dalam hal pendanaan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ramin, Moh.mohramin5@gmail.comF02418149
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorArifin, Ah. Aliaaarifin07@gmail.com2014126201
Thesis advisorFauziah, Ika Yunia-0702068201
Subjects: Akhlak
Ekonomi Islam
Lingkungan Hidup
Manajemen Pendidikan
Keywords: Sinergitas; Alumni; Pengembangan Kewirausahaan.
Divisions: Program Magister > Ekonomi Syariah
Depositing User: moh. ramin
Date Deposited: 07 Jul 2020 02:42
Last Modified: 07 Jul 2020 23:18
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/41724

Actions (login required)

View Item View Item