Utility dan relevansinya dengan preferensi konsumen : perspektif Maslahah al Shatibi

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rodhiyana, Robby (2017) Utility dan relevansinya dengan preferensi konsumen : perspektif Maslahah al Shatibi. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Robby Rodhiyana_F12415239.pdf

Download (13MB)

Abstract

Tesis ini berjudul “Utility dan Relevansinya dengan Preferensi Konsumen (Perspektif Maṣlaḥah al-Shāṭibī)” yang disusun oleh Robby Rodhiyana dengan NIM F12415239 dengan rumusan masalah sebagai berikut: 1. Bagaimana konsep maṣlaḥah yang diusung al-Shāṭibī pada masalah utility ? 2. Bagaimana relevansi konsep maṣlaḥah yang diusung oleh al-Shāṭibī pada utility dengan preferensi konsumen ?. Penelitian ini mengambil objek gagasan atau pemikiran tentang utility atau maṣlaḥah dari al-Shāṭibī. Dalam menggambarkan objek kajian penelitian ini lebih banyak mengungkapkan gagasan atau ide-ide tentang konsep maṣlaḥah al Shāṭibī dan hubungannya dengan teori utility serta relevansinya dengan preferensi konsumen. Jenis penelitian yang digunakan dalam karya ilmiah ini adalah penelitian kualitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa data sekunder yaitu data yang diperoleh peneliti secara tidak langsung melalui media perantara. Dalam hal ini tinjauan kesejarahan merupakan yang pertama kali dibahas, sebab dari biografi itulah akan dapat dilacak bagaimana terbentuknya pola pemikiran tersebut. Sedangkan metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode kajian pustaka. Oleh karenanya untuk memahami dan menafsirkan teks yang berupa data diambil dari sumber pustaka yang berupa karya yang ditulis oleh al Shāṭibī terutama dari karyanya yang populer yaitu al-Muwafaqāt fi Uṣūl al-Sharī’ah. Dari penelitian tersebut dapat disimpulkan sebagai berikut : Konsep maṣlaḥah al-Shāṭibi pada masalah utility digambarkan sebagai sebuah acuan dalam teori nilai guna sehingga ketika seorang konsumen muslim mengonsumsi sebuah barang, tidak lagi kepuasan duniawi semata yang mejadi tujuan akan tetapi sebuah kemaslahatan yang tercakup di dalamnya masalah halal dan haram. Sedangkan relevansinya dengan preferensi konsumen adalah konsumen muslim yang menjadikan maṣlaḥah al-Shāṭibi sebagai acuan ketika memilih diantara barbagai untaian kombinasi barang, maka yang menjadi perhatiannya adalah sejauh mana kombinasi barang tersebut mampu memberikan maṣlaḥat yang maksimal. Sehubungan dengan hasil kesimpulan di atas, maka disarankan agar wawasan tentang konsep maṣlaḥah dan juga maqāṣid al-Sharī’ah serta pengaruhnya terhadap berbagai aspek terutama bidang ekonomi - disebarluaskan kepada masyarakat umum Karena apabila masyarakat telah teredukasi dengan baik mengenai pentingnya maṣlaḥah dan maqāṣid al-Shari’ah dalam kehidupan sehari-hari, lambat laun mereka akan meniggalkan ekonomi konvensional yang sepi dari nilai-nilai syari’ah menuju ekonomi Islam yang telah diatur sedemikian rupa dan dijamin kesejahterannya oleh Allah SWT.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rodhiyana, Robbyrobbyrodhiyana@gmail.comF124152139
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorDjamaluddin, Burhanpps@uinsby.ac.id2021125501
Subjects: Ekonomi Islam
Keywords: Preferensi Konsumen; konsep maṣlaḥah al Shatibi
Divisions: Program Magister > Ekonomi Syariah
Depositing User: RODHIYANA ROBBY
Date Deposited: 08 Jul 2020 09:48
Last Modified: 08 Jul 2020 13:33
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/41747

Actions (login required)

View Item View Item