Tradisi nikah massal malam 21 Ramadan: studi peran Kiai Pondok Pesantren Mambaus Sholihin dalam masyarakat Suci Manyar Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sakinah, Neila (2020) Tradisi nikah massal malam 21 Ramadan: studi peran Kiai Pondok Pesantren Mambaus Sholihin dalam masyarakat Suci Manyar Gresik. Masters thesis, Pascasarjana UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Neila Sakinah_F52918342.pdf

Download (5MB)

Abstract

Tesis ini merupakan penelitian tentang tradisi nikah masalah malam 21 Ramadan (Studi Peran Kiai Pondok Pesantren Mambaus Sholihin dalam Masyarakat Suci Manyar Gresik) yang diselenggarakan di Pondok Pesantren Mambaus Sholihin Suci Manyar Gresik. Tujuan dari nikah massal 21 Ramadan yaitu mengharap berkah dari para Kiai dan Habaib yang hadir dalam pelaksanaan akad nikah. Nikah massal ini diikuti oleh berbagai kalangan. Mulai dari alumni santri pondok pesantren Mambaus Sholihin, ustadz dan ustadzah pondok pesantren Mambaus Sholihin, maupun masyarakat desa Suci Manyar. Penelitian ini akan menjawab tiga rumusan masalah yaitu sebagai berikut: 1) Bagaimana sejarah nikah massal malam 21 Ramadan di pondok pesantren Mambaus Sholihin Suci Manyar Gresik? 2) Bagaimana prosedur nikah massal malam 21 Ramadan di pondok pesantren Mambaus Sholihin Suci Manyar Gresik? 3) Bagaimana aplikasi nikah massal malam 21 Ramadan di pondok pesantren Suci Manyar Gresik? Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan metode kualitatif. Lokasi penelitian di pondok Pesantren Mambaus Sholihin Suci Manyar Gresik. Sumber data penelitian ini ada dua yaitu, sumber data primer yaitu data yang diperoleh langsung dari informan yaitu dua pasangan yang mengikuti nikah massal malam 21 Ramadan, KUA kec. Manyar, KUA kec. Duduk Sampeyan, KUA kec. Driyorejo, Kiai Masbuhin Faqih, dan panitia nikah massal malam 21 Ramadan. Sedangkan sumber sekunder dihasilkan dari dokumen-dokumen, materi tentang pencatatan pernikahan, buku-buku tentang pencatatan pernikahan, tradisi, dan teori peran. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah dokumen, observasi, wawancara. Teknik pengolahan data yang digunakan didalam penelitian ini adalah editing, organiting, analiting. Teknik analisis data yang dilakukan adalah mendapat data dari sumber primer dan sumber sekunder, Selanjutnya, melakukan analisis deskriptif untuk menggambarkan fakta sesuai kondisi lapangan menggunakan pola pikir deduktif. Kemudian, menggunakan pendekatan teori peran dalam nikah massal. Hasil penelitian ini yaitu nikah massal malam 21 Ramadan sudah menjadi tradisi dalam masyarakat Suci Manyar Gresik maupun santri pondok pesantren Mambaus Sholihin. Kiai Masbuhin merupakan sosok Kiai yang berhasil menjalankan perannya di masyarakat, dibuktikan dengan banyaknya masyarakat Desa Suci yang sangat antusias untuk mengikuti serangkaian acara di Pondok Pesantren Mambaus Sholihin, sampai ada yang ingin dijodohkan. Kiai Masbuhin juga sangat terbuka kepada masyarakat Desa Suci Manyar Gresik yang ingin mengikuti nikah massal pada malam 21 Ramadan dengan syarat sesuai dengan prosedur yang telah disepakati oleh panitia.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sakinah, Neilaneilasakinah311@gmail.comF52918342
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSuis, Suissuisabdullah@yahoo.com2001016202
Thesis advisorJunaidy, Abdul Basithbasithjunaidy71@gmail.com2021107101
Subjects: Hukum Islam
Nikah
Keywords: Tradisi Nikah Massal Malam 21 Ramadan; Peran Kiai Pondok Pesantren Mambaus Sholihin; Masyarakat Suci Manyar Gresik
Divisions: Program Magister > Dirasah Islamiyah
Depositing User: Neila Sakinah
Date Deposited: 09 Jul 2020 04:19
Last Modified: 09 Jul 2020 04:19
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/41761

Actions (login required)

View Item View Item