Strategi kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan prestasi siswa: studi kasus di SMAN 5 Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wandista, Difta Meylinda (2020) Strategi kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan prestasi siswa: studi kasus di SMAN 5 Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Difta Meylinda Wandista_ D93216042.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini dilatar belakangi oleh banyaknya prestasi yang diraih oleh siswa di SMAN 5 Surabaya baik di bidang akademik maupun non akademik dari tingkat regional, kota, provinsi, nasional bahkan internasional dan menjadikan SMAN 5 Surabaya masuk ke dalam daftar SMA rujukan yang ada di Indonesia khususnya provinsi Jawa Timur. Perolehan prestasi tersebut tentunya tidak lepas dari strategi yang dilakukan oleh seorang kepala sekolah dan pimpinan lain yang memiliki tanggung jawab untuk memimpin dan mengelola lembaga agar memiliki mutu yang baik. Begitu juga dengan SMAN 5 Surabaya, prestasi yang dihasilkan tentunya tidak lepas dari strategi kepala sekolahnya.Adapun permasalahan yang akan peneliti kembangkan dalam penelitian ini adalah : 1) Bagaimana strategi kepemimpinan kepala sekolah di SMAN 5 Surabaya?, 2) Bagaimana prestasi siswa di SMAN 5 Surabaya? 3) Bagaimana strategi kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan prestasi siswa di SMAN 5 Surabaya?. Tujuan peneliti adalah mendeskripsikan strategi kepemimpinan kepala sekolah, prestasi siswa serta strategi kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan prestasi siswa di SMAN 5 Surabaya. Jenis penelitian skripsi ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Metode yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dimulaidaripengumpulan data, reduksi data, penyajian data danpenarikankesimpulan. Strategi yang dideskripsikan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa: Strategi kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan prestasi siswa di SMAN 5 Surabaya yaitu; melibatkan dan memaksimalkan stakeholder, orang tua dan siswa, melakukan pengawalan, membuat target pencapaian prestasi setiap tahun dan memberikan reward, serta memberikan dukungan kepada siswa secara langsung

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wandista, Difta Meylindameylinda.difta97@gmail.comD93216042
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMa'arif, Samsulsamsul_jombang@yahoo.com2007046401
Thesis advisorHuda, Muhammad Nurilreal_bjn80@yahoo.com2027068001
Subjects: Manajemen Pendidikan
Keywords: Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah: Peningkatan Prestasi Siswa.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Difta Meylinda
Date Deposited: 15 Jul 2020 03:54
Last Modified: 15 Jul 2020 10:26
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/41818

Actions (login required)

View Item View Item