Relasi kuasa kelompok rentan dalam rancangan undang-undang penghapusan kekerasan seksual menurut Gaya Nusantara

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Putri, Nita Novita Sekar (2020) Relasi kuasa kelompok rentan dalam rancangan undang-undang penghapusan kekerasan seksual menurut Gaya Nusantara. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nita Novita Sekar Putri_I71216072.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berupaya untuk menjelaskan: (1) bagaimana perlindungan kelompok rentan dalam Rancangan Undang-Undang Peghapusan Kekerasan Seksual (RUU PKS) menurut GAYa Nusantara (GN); (2) mengetahui bagaimana relasi kuasa menjadi unsur yang mendapat pengaruh dari kekuasaan pelaku tindak kekerasan atas ketidakberdayaan korban. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan pengumpulan data yang dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Informan penelitian dipilih menggunakan teknik purposive sampling didasarkan pada kebutuhan penelitian. Konsep teori yang digunakan adalah perspektif hak asasi manusia dan arkeologi pengetahuan oleh Michel Foucault. Hasil yang dapat disampaikan adalah: (1) perlindungan dan hak-hak kelompok rentan kekerasan seksual menurut GAYa Nusantara telah diakomodir oleh negara melalui RUU PKS; (2) relasi kuasa yang terbangun dalam RUU PKS menjelaskan bahwa kekuasaan bersifat divergen, tidak sebatas pada kekuasaan hierarkis dan makropis. Kekuasaan yang didapatkan pelaku kekerasan berasal dari pengetahuan akan dirinya dan pengetahuan tentang korban, yang mengakibatkan korban kehilangan otoritas tubuhnya. Namun, kekuasaan dalam makna lain tidak semuanya berarti negatif, seperti yang disebutkan Foucault melalui pengetahuan dalam bentuk RUU PKS korban dapat menggunakan powernya untuk melindungi diri dan memperjuangkan haknya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Putri, Nita Novita Sekarnnsekarp@gmail.comI71216072
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorBariroh, Laililbariroh.20@gmail.com2003117702
Subjects: Gender
Politik
Hak Asasi Manusia
Keywords: Gaya Nusantara; Kekerasan Seksual; Relasi Kuasa.
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: Nita Novita Sekar Putri
Date Deposited: 14 Jul 2020 12:07
Last Modified: 15 Jul 2020 10:28
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/41823

Actions (login required)

View Item View Item