Strategi kontra Radikalisme di kalangan kaum muda muslim dalam program Positive and Peace Cyber Activism: studi konstruksi wacana terhadap strategi kontra Radikalisme di Jawa timur

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fatah, M. Abdul (2020) Strategi kontra Radikalisme di kalangan kaum muda muslim dalam program Positive and Peace Cyber Activism: studi konstruksi wacana terhadap strategi kontra Radikalisme di Jawa timur. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
M. Abd. Fatah_F52918018.pdf

Download (9MB)

Abstract

Fenomena radikalisasi di kalangan anak muda dan menyebarnya konten-konten paham radikalisme di media sosial akhir-akhir ini menghadirkan sebuah kegelisahan sendiri bagi penulis untuk mengkaji lebih dalam realitas tersebut. Sebagai upaya kontra wacana radikalisme Pusat Studi Pesantren dan Pemberdayaan Masyarakat (PSP2M) Universitas Brawijaya melalui Program positive and peace cyber activism memproduksi wacana positif dan menyebarkan paham islam rahmatan lil alalmin. Sehingga hal tersebut menjadi objek penelitian ini. Tulisan ini membahas mengenai visi, misi dan latar belakang dibentuknya Program positive and peace cyber activism, fenomena radikalisasi di kalangan anak muda, upaya strategi kontruksi wacana radikalisme, dan dampak dari program tersebut bagi masyarakat. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Data dikumpulkan melalui berbagai sumber, baik primer melalui Pusat Studi Pesantren dan Pemberdayaan Masyarakat (PSP2M) Universitas Brawijaya maupun skunder dan dokumen-dokumen terkait. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan (1) Program positive and peace cyber activism berkontribusi dalam produksi wacana yang positif dan berkedamaian di ruang publik melalui pelatihan dai muda digital dan infografis . (2) Program positive and peace cyber activism melakukan kontruksi wacana radikalisme dalam melawan paham radikalisme di media sosial (3) Membentuk jejaring cyber activism dari personal influencer. (4) Dampak dari adanya program positive and peace cyber activism adalah menghasilkan dai-dai muda yang mampu memproduksi konten-konten keislaman yang moderat dan damai di media sosial, serta membangun kesadaran publik (kaum muda) pengguna internet untuk berpikir kritis dalam menyikapi suatu peristiwa di media.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fatah, M. Abdulfattahillah95@gmail.comF52918018
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAswadi, Aswadiaswadi.syuhadak@gmail.com2012046001
Thesis advisorJunaidy, Basithbasithjunaidy7@gmail.com2021107101
Subjects: Anak
Jihad
Radikal dan Radikalisme
Toleransi Islam
Keywords: Anak Muda ; Kontra Radikalisme; Konstruksi Wacana.
Divisions: Program Magister > Dirasah Islamiyah
Depositing User: Abd Fatah M
Date Deposited: 16 Jul 2020 04:32
Last Modified: 16 Jul 2020 09:31
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/41829

Actions (login required)

View Item View Item