Pemanfaatan barang gadai dalam peningkatan ekonomi pelaku gadai tanah : studi kasus praktik gadai tanah di desa Tobai Barat Sokobanah Sampang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fathori, Fathori (2020) Pemanfaatan barang gadai dalam peningkatan ekonomi pelaku gadai tanah : studi kasus praktik gadai tanah di desa Tobai Barat Sokobanah Sampang. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fathori_F02418141.pdf

Download (1MB)

Abstract

Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penilitan menunjukan bahwa praktk gadai yang dijalankan memang cukup bagus dengan hampir tidak ada perbedaan dengan konsensus para ulama dalam berbagai literaturnya. Adapun pemanfaatan tanah yang dijadikan sebagai obyek barang gadai, masyarakat atau pelaku gadai di Desa Tobai Barat dengan melakukan penggarapan yang sekiranya dapat menghasilkan tambahan pendapatan. Sedangkan dampak dari pemanfaatan tanah gadai dalam meningkatkan ekonomi pelaku gadai lebih didominasi oleh penerima gadai saja, dimana mereka mempuyai kekuasaan penuh terhadap tanah gadai tersebut. Sedangkan pihak penggadai tanah tidak semua bisa menikmati hasil dari pemanfaatan tanah tersebut. Hal ini karena sudah dianggap menjadi kebiasaan masyarakat ketika menjalankan transaksi gadai. Tokoh agama, tokoh masyarakat dan pemerintah masih kurang ikut andil memperbaiki kesalahpahaman gadai di Desa Tobai Barat dalam menjalankan gadai terutama tentang sistem bagi hasilnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fathori, Fathoriruizelcakayy07@gmail.comF02418141
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorZahro, Ahmad-2007065501
Thesis advisorMugiyati, Mugiyatimugiyati@uinsby.ac.id2026027101
Subjects: Ekonomi Islam
Keywords: Pemanfaatan: Barang Gadai: Peningkatan Ekonomi.
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: fathori fathori
Date Deposited: 19 Jul 2020 02:20
Last Modified: 19 Jul 2020 02:20
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/41854

Actions (login required)

View Item View Item