Implementasi nilai-nilai humanistis dalam proses pembelajaran PAI di SMA Insan Cendekia Mandiri Boarding School (ICMBS) Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Najib, Mohd. Noor (2020) Implementasi nilai-nilai humanistis dalam proses pembelajaran PAI di SMA Insan Cendekia Mandiri Boarding School (ICMBS) Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mohd. Noor Najib_D01215026.pdf

Download (2MB)

Abstract

Nilai-nilai humanistis merupakan sebuah pedoman yang digunakan untuk menata perilaku manusia berdasarkan aliran humanisme demi mewujudkan manusia-manusia yang berkarakter humanis. Sedangkan proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) merupakan proses komunikasi antara pengajar dan peserta didik yang dilengkapi dengan komponen-komponen pembelajaran untuk mencapai tujuan dalam ajaran islam. Sementara itu, perilaku dehumanisasi sering terjadi di bidang pendidikan, maka pendidikan agama islam sebagai salah satu pendidikan karakter tentunya harus turut andil dalam mengurangi dehumanisasi yang terjadi. Dalam rangka menangani dehumanisasi dalam dunia pendidikan, tentu dibutuhkan penerapan nilai-nilai humanisme dalam proses pembelajaran yang berlaku. Oleh karena itu perlu diadakan sebuah penelitian mengenai implementasi nilai-nilai humanistis dalam proses pembelajaran PAI. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Subjek penelitian merupakan guru PAI di SMA Insan Cendekia Mandiri Boarding School (ICMBS) Sidoarjo. Adapun teknik pengumpulan data penelitian menggunakan observasi dan wawancara. Setelah diperoleh data penelitian, selanjutnya data dianalisis dengan menggunakan pedoman analisis pada data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan Nilai-nilai humanistis yang ada dalam proses pembelajaran PAI di SMA Insan Cendekia Mandiri Boarding School (ICMBS) Sidoarjo adalah sebagai berikut a) Nilai nasionalisme; b)Nilai keagamaan; c) Nilai solidaritas; d) Nilai toleransi; dan e) Nilai Sosial. Sementara itu, implementasi nilai-nilai humanistis dalam proses pembelajaran PAI di SMA ICMBS Sidoarjo terlaksana dengan “baik”.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Najib, Mohd. Noord.noornajib@gmail.comD01215026
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorZaini, Ahmadzainiazami@yahoo.com2012057001
Thesis advisorFaizin, Mohfaizin-ahwan@yahoo.com2015087202
Subjects: Islam dan Humanisme
Pendidikan
Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: Nilai: Humanistis: PAI: SMA ICMBS Sidoarjo.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Najib Mohd Noor
Date Deposited: 18 Jul 2020 02:10
Last Modified: 18 Jul 2020 02:10
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/41856

Actions (login required)

View Item View Item