Praktek ibadah pada masa Pandemi Virus Covid-19

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rohman, Holilur and Rachmaniyah, Vina Azizatur and Satia, Agil Burhan and Putri, Dewanti Fitriani and Hakim, Lukman (2020) Praktek ibadah pada masa Pandemi Virus Covid-19. Duta Media, Pamekasan. ISBN 978-623-7161-92-9

[img] Text
Holilur Rohman dkk_Praktek Ibadah pada Masa Pandemi Virus Covid-19.pdf

Download (1MB)

Abstract

Buku ini adalah hasil dari penelitian kolaboratif bersama mahasiswa dalam kaitannya dengan pandemi virus covid-19, khusunya dalam persoalan ibadah di masa pandemi, yaitu persoalan shalat dan puasa. Ada banyak praktek shalat yang menjadi kebingungan masayrakat pada masa pandemic, seperti shalatnya tenaga medis yang menggunakan APD lengkap sehingga sulit untuk berwudu’, begitu juga bagi pasien covid – 19. Praktik ibadah yanbg menjadi heboh adalah shalat jum’at secara berjamaah, karena potensi penularan virus covid-19 jika shalat berjamaah secara berdempetan dan merapatkan shaf, terutama di kota-kota yang dianggap masuk zona merah. Perlu solusi terbaik agar ibadah shalat jum’at ini bisa dikerjakan dengan baik, tapi dengan tetap mematuhi protocol kesehatan yang berlaku. Para praktik puasa, ada beberapa persoalan yang dihadapi masyarakat, seperti kebiasaan buka bersama, sahur on the road, shalat tarawih, I’tikaf, dan lains ebagainya yang juga berpotensi menularkan virus covid 19. Perlu solusi dan dari hukum Islam untuk memecahkan problem tersebut. Buku ini juga merupakan langkah kecil penulis untuk ikut berkontribusi dalam pengembangan kajian Hukum Islam agar selalu responsiv dalam menghadapi problematika umat Islam sehingga slogan Islam sebagai rahmatan lil alamin tidak hanya sekedar menjadi slogan kosong tak bermanfaat, akan tetapi menjadi slogan penting yang harus direalisasikan agar kemaslahatan manusia bisa tercapai.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Book
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rohman, Holilurelrahman10@gmail.com2002108702
Rachmaniyah, Vina Azizatur----
Satia, Agil Burhan----
Putri, Dewanti FitrianiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Hakim, Lukman----
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
UNSPECIFIED., .UNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Hukum Islam
Ibadah
Keywords: Ibadah; masa Pandemi; Virus Covid-19
Divisions: Karya Ilmiah > Buku
Depositing User: mr Marli Candra
Date Deposited: 20 Jul 2020 08:21
Last Modified: 20 Jul 2020 08:21
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/41871

Actions (login required)

View Item View Item