Fanatisme dan solidaritas suporter Ultras Gresik dalam mendukung tim Gresik United

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Kholel, Ahmad (2020) Fanatisme dan solidaritas suporter Ultras Gresik dalam mendukung tim Gresik United. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ahmad Kholel_J71216047.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat proses terbentuknya perilaku fanatisme dan solidaritas serta menemukan beberapa faktor apa saja yang muncul pada suporter sepak bola. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Subjek peneltian ini adalah lima orang yang merupakan suporter aktif pendukung Gresik United dan ditambah lagi dengan significant other sesuai dengan kebutuhan peneliti. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa faktor yang mempengaruhi fanatisme dan solidartitas yaitu (a) adanya tim Gresik United, (b) latar belakang lamanya menjadi suporter, (c) pengorbanan suporter yang mana secara keseluruhan saling berkaitan untuk melihat bentuk perilaku fanatisme dan solidaritas suporter saat menonton pertandingan secara langsung, bentuk perilakunya antara lain (a) menumbuhkan fanatisme dan solidaritas yang baik (b) bertindak secara rasional diluar dan didalam stadion (c) menjadi contoh bagi suporter lain.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Kholel, Ahmadahmad.kholel1999@gmail.comJ71216047
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNailatin, Fauziyahnaylatinsunanampel@gmail.com197406122007102006
Subjects: Psikologi Sosial
Keywords: Fanatisme; Solidaritas Suporter Sepak Bola.
Divisions: Fakultas Psikologi dan Kesehatan > Psikologi
Depositing User: ahmad kholel
Date Deposited: 22 Jul 2020 02:13
Last Modified: 24 Jul 2020 03:08
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/41885

Actions (login required)

View Item View Item