Strategi pemasaran dalam meningkatkan pengguna jasa layanan pendidikan di MTs Darul Ulum Waru Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mutiah, Yuta (2020) Strategi pemasaran dalam meningkatkan pengguna jasa layanan pendidikan di MTs Darul Ulum Waru Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Yuta Mutiah_D93216098.pdf

Download (1MB)

Abstract

Fokus penelitian yang dikaji dalam penelitian ini adalah : 1. Bagaimana pelaksanaan strategi pemasaran pendidikan, 2. Bagaimana upaya peningkatan pengguna jasa, 3. Bagaimana strategi pemasaran dalam meningkatkan pengguna jasa layanan pendidikan di MTs Darul Ulum Waru. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif, dan teknik pengumpulan datanya dengan observasi, wawancara, serta dokumen yang terkait dengan penelitian.
Pengecekan keabsahan data diperoleh melalui triangulasi data, triangulasi metode, dan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1) Strategi pemasaran di MTs Darul Ulum Waru diterapkan dengan langkah identifikasi pasar, segmentasi pasar, dan diferensiasi produk. (2) Untuk menunjang peningkatan pengguna jasa, sekolah merancang produk yang akan ditawarkan meliputi fasilitas dan layanan sekolah serta sarana prasarana. (3) Upaya sekolah dalam hal promosi dilakukan melalui media online, offline, dan keterlibatan pada kegiatan madrasah. Kesimpulan yang diperoleh yaitu strategi pemasaran yang diterapkan MTs Darul Ulum Waru dalam meningkatkan pengguna jasa (siswa) sejalan dengan perkembangan dari berbagai bidang atau aspek dalam sekolah tersebut. Terbukti dari jumlah siswa yang masuk ke madrasah di tiap tahun ajaran baru semakin meningkat dari tahun ke tahun.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mutiah, Yutayutamutiah22@gmail.comD93216098
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorBawani, Imam--2012085201
Thesis advisorFitriatin, Nurnurfitriatin@uinnsby.ac.id2012016701
Subjects: Layanan
Manajemen Pendidikan
Pemasaran
Keywords: Strategi pemasaran pendidikan; peningkatan pengguna jasa
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Yuta Mutiah
Date Deposited: 22 Jul 2020 05:33
Last Modified: 22 Jul 2020 05:33
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/41901

Actions (login required)

View Item View Item