Implementasi pembelajaran kitab Taisȋrul Khollâq Fȋ ‘Ilmil Akhlaq dalam pembentukan akhlak peserta didik di MTs Islamiyah Tanggulangin Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ma'sumah, Izzatin (2020) Implementasi pembelajaran kitab Taisȋrul Khollâq Fȋ ‘Ilmil Akhlaq dalam pembentukan akhlak peserta didik di MTs Islamiyah Tanggulangin Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Izzatin Ma'sumah_D01213019.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kitab Taisȋrul Khollâq Fȋ ‘Ilmil Akhlaq merupakan sebuah kitab yang ringkas dari bagian ilmu dan akhlaq. Dalam kitab tersebut memudahkan seorang untuk melaksanakan akhlak dan memahami macam-macam akhlak. Sehingga mengetahui dengan pasti akhlak yang harus dilaksanakan dan akhlaq yang harus ditinggalkan. Oleh karena itulah penulis melakukan penelitian tentang implementasi pembelajaran kitab Taisȋrul Khollâq Fȋ ‘Ilmil Akhlaq di MTs Islamiyah Tanggulangin Sidoarjo. Dalam skripsi ini ada tiga hal yang dibahas, yaitu: (1) Bagaimanakah pembelajaran kitab Taisȋrul Khollâq Fȋ ‘Ilmil Akhlaq di MTs Islamiyah Tanggulangin Sidoarjo? (2) Bagaimanakah pembentukan akhlak melalui pembelajaran kitab Taisȋrul Khollâq Fȋ ‘Ilmil Akhlaq di MTs Islamiyah Tanggulangin Sidoarjo? (3) Apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi pembentukan akhlak peserta didik di MTs. Islamiyah Tanggulangin Sidoarjo?.Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif-fenomenologis, dengan rancangan pendekatan studi kasus. Untuk menggali data dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya hasil dari teknik tersebut dipilih sesuai dengan fokus penelitian. Untuk melihat keabsahan data digunakan teknik trianggulasi data dan kemudian dilanjutkan dengan penarikan kesimpulan. Setelah dilakukan penelitian secara menyeluruh tentang implementasi pembelajaran kitab Taisȋrul Khollâq Fȋ ‘Ilmil Akhlaq di MTs Islamiyah Tanggulangin Sidoarjo, maka dapat disimpulkan bahwa: pertama, Pembelajaran Kitab Taisȋrul Khollâq Fȋ ‘Ilmil Akhlaq berjalan dengan baik dan efektif terlihat dari terlaksananya indikator pembelajaran efektif. Kedua, pembentukan akhlak melalui kegiatan pembelajaran kitab Taisȋrul Khollâq Fȋ ‘Ilmil Akhlaq di MTs Islamiyah Tanggulangin Sidoarjo mencakup: peran guru Kitab Taisȋrul Khollâq Fȋ ‘Ilmil Akhlaq dalam membentuk akhlak siswa sudah berperan aktif, metode yang digunakan dalam membentuk akhlak siswa adalah metode contoh, teladan, pemberian nasehat, pembiasaan, dan hukuman. Ketiga, Faktor- faktor yang mempengaruhi pembentukan akhlaq yaitu adanya faktor pendorong dan faktor penghambat. Faktor pendorong dalam melakukan pembentukan akhlak pada siswa adalah keteladanan guru, orang tua siswa, fasilitas madrasah, hadiah (reward), dan kerja sama antar staf madrasah. Sedangkan faktor penghambat dalam membina akhlak siswa adalah game online, latar belakang siswa dan teman.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ma'sumah, Izzatinizzatinmasumah@gmai.comD01213019
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMas'ud, Alialimasud.kholqillah@gmail.com2023016301
Thesis advisorAziz, Yahyayahya_aziz15@yahoo.com2029087203
Subjects: Akhlak
Pendidikan
Keywords: Implementasi Pembelajaran Kitab Taisȋrul Khollâq Fȋ ‘Ilmil Akhlaq: Pembentukan Akhlak Peserta Didik.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Izzatin Masumah
Date Deposited: 23 Jul 2020 08:58
Last Modified: 23 Jul 2020 08:58
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/41915

Actions (login required)

View Item View Item