Pengembangan perangkat pembelajaran matematika Model PACE (Project, Activity, Cooperative and Exercise) untuk melatihkan kemampuan berpikir kreatif siswa

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rofiq, M. Aunur (2020) Pengembangan perangkat pembelajaran matematika Model PACE (Project, Activity, Cooperative and Exercise) untuk melatihkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
M. Aunur Rofiq_D74215049.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan pengembangan perangkat pembelajaran matematika model PACE (Project, Activity, Cooperative and Exercise) adalah untuk menghasilkan perangkat pembelajaran matematika berupa RPP, LKP, LKD dan LKL yang valid, praktis dan efektif serta untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif siswa sesudah mengikuti proses pembelajaran model PACE (Project, Activity, Cooperative and Exercise). Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan, adapun proses pengembangan menggunakan model pengembangan Plomp yang terdiri dari tiga fase, yaitu fase pendahuluan, fase pembuatan produk/prototipe dan fase penilaian. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan meliputi RPP, LKP, LKD dan LKL. Uji coba dilakukan pada 29 siswa kelas VII-D menggunakan teknik purposive sampling di SMP Negeri 4 Surabaya. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik catatan lapangan, teknik observasi dan tes kemampuan berpikir kreatif. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan data kevalidan perangkat pembelajaran diperoleh nilai rata-rata total kevalidan sebesar 3,9 untuk RPP, untuk LKP sebesar 4,0, untuk LKD sebesar 3,7 dan untuk LKL sebesar 3,8. Data kepraktisan RPP diperoleh nilai A dengan tanpa revisi oleh tiga validator, sedangkan LKP, LKD maupun LKL dinilai A oleh dua validator dan dinilai B oleh satu validator dengan sedikit revisi, sehingga perangkat pembelajaran tergolong praktis. Selanjutnya untuk keefektifan perangkat diperoleh bahwa perangkat dikatakan efektif karena aktivitas siswa aktif selama mengikuti pembelajaran telah memenuhi kriteria “efektif” dengan berdasarkan persentase aktivitas yang aktif sebesar 98,77%, hasil belajar siswa memenuhi KBM dengan ketuntasan klasikal yang mencapai 75,86 %, serta mampu melatihkan kemampuan berpikir kreatif siswa sesudah pembelajaran dengan kriteria sangat kreatif sebesar 17,24 %, kreatif sebesar 79, 31 % dan cukup kreatif sebesar 3,45 %.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rofiq, M. Aunuraunurrofiq1997@gmail.comD74215049
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorArrifadah, Yuniyuni.arrifadah@uinsby.ac.id2005067301
Thesis advisorSadieda, Lisanul Uswahlisanuluswah@uinsby.ac.id2026098302
Subjects: Matematika
Pendidikan
Keywords: Pengembangan; Model; PACE; Berpikir; Kreatif.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: M. Aunur Rofiq
Date Deposited: 26 Jul 2020 23:51
Last Modified: 26 Jul 2020 23:51
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/41935

Actions (login required)

View Item View Item