Penerapan Business Intelligence dalam pengembangan Dashboard akademik UIN Sunan Ampel Surabaya untuk mendukung IAPS 4.0

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Putra, Roby Ari (2020) Penerapan Business Intelligence dalam pengembangan Dashboard akademik UIN Sunan Ampel Surabaya untuk mendukung IAPS 4.0. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Roby Ari Putra_H06216023.pdf

Download (3MB)

Abstract

Akreditasi ialah kegiatan untuk mengevaluasi kelayakan dan mutu suatu institusi pendidikan. Pada level program studi, sistem akreditasi didasarkan pada Instrumen Akreditasi Program Studi 4.0 (IAPS 4.0). Dalam pelaksanaannya diperlukan data-data yang mendukung setiap aspek penilaian dari IAPS 4.0. Permasalahan mendasar dari program studi adalah data yang tidak terintegrasi pada satu sumber. Data dan dokumen terkait yang diperlukan berada pada database yang berbeda-beda. Sehingga memerlukan usaha serta waktu yang lebih untuk mendapatkan semua data yang dibutuhkan. Maka diperlukan sistem untuk mengintegrasikan, memproses dan memvisualisasikan data, sehingga lebih efektif dan efisien. Penerapan Business Intelligence dalam bentuk dashboard menggunakan ROLAP (Relational Online Analytical Processing) dengan visualisasi berbasis website. Berdasarkan pengujian Requirement Traceability Matrix yang telah dilakukan, skema data warehouse yang digunakan telah memenuhi kebutuhan dari sistem dashboard. Sedangkan hasil pengujian data menunjukkan semua item uji berstatus lolos uji. Adapun perhitungan dan penetapan skor dari setiap indikator telah sesuai dengan ketentuan dari IAPS 4.0 walaupun data yang digunakan belum mendukung semua indikator, sehingga tidak semua indikator dapat divisualisasikan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Putra, Roby Arirobyariputra1@gmail,comH06216023
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRolliawati, Dwidwi_roll@uinsby.ac.id2027097901
Thesis advisorKhalid, Khalidkhalid@uinsby.ac.id197906092014031002
Subjects: Teknologi
Teknologi > Teknologi Informasi
Keywords: Akreditasi; Dashboard; Data Warehouse; Sistem.
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Sistem Informasi
Depositing User: Roby Ari Putra
Date Deposited: 29 Jul 2020 01:45
Last Modified: 29 Jul 2020 01:45
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/41966

Actions (login required)

View Item View Item