Makna pesan tawakal dalam FTV wanita perindu surga ANTV : episode 12 “suami sabar dalam dekapan istri serakah”

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Khasanah, Aulia Rini Fitriatul (2020) Makna pesan tawakal dalam FTV wanita perindu surga ANTV : episode 12 “suami sabar dalam dekapan istri serakah”. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Aulia Rini Fitriatul Khasanah_B91216053.pdf

Download (1MB)

Abstract

FTV Wanita Perindu Surga merupakan salah satu program yang mengangkat nilai-nilai mengandung hikmah dengan fokus tokoh sentralnya adalah wanita. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah: Bagaimana makna pesan tawakal dalam FTV Wanita Perindu Surga ANTV (Episode 12 “Suami Sabar dalam Dekapan Istri Serakah”)?. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah: untuk mengetahui makna pesan tawakal dalam FTV Wanita Perindu Surga ANTV (Episode 12 “Suami Sabar dalam Dekapan Istri Serakah”). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian analisis wacana dan menggunakan perangkat analisis model Teun A. Van Dijk. Dalam pengumpulan data, penelitian ini menggunakan teknik dokumentasi, kemudian observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa definisi tawakal terdiri dua hal, yakni dilihat dari segi bathin diwujudkan dalam bentuk yakin kepada Allah, mampu bersikap sabar, dan ikhlas. Selain itu, dilihat dari segi dhohir diwujudkan dengan tetap berikhtiar, taat kepada perintah Allah, dan hubungan dengan manusia (hablum minannas) terjalin baik. Dalam implementasi kedua hal tersebut, harus dapat berjalan beriringan, tidak bertentangan ataupun saling mendahului. Rekomendasi penelitian ini yakni perlu dilakukan penelitian yang berhubungan dengan gender. Selain itu, untuk da’i Indonesia diharapkan untuk sering menyampaikan pesan tawakal dalam ceramahnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Khasanah, Aulia Rini Fitriatulauliarini68@gmail.comB91216053
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHakim, Lukmanlhakim@uinsby.ac.id2021087301
Subjects: Akhlak > Akhlak Mulia
Kemiskinan
Film > Film -- Aspek Keagamaan
Keywords: Analisis Wacana Teun A. Van Dijk; Tawakal; FTV Wanita Perindu Surga.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Aulia Rini Fitriatul Khasanah
Date Deposited: 28 Jul 2020 01:30
Last Modified: 28 Jul 2020 01:30
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/41972

Actions (login required)

View Item View Item