Pengaruh model pembelajaran the learning cell dengan strategi self regulated learning terhadap kemampuan komunikasi dan berpikir reflektif matematis siswa

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fahiroh, Yunita Itrotul (2020) Pengaruh model pembelajaran the learning cell dengan strategi self regulated learning terhadap kemampuan komunikasi dan berpikir reflektif matematis siswa. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Yunita Itrotul Fahiroh_D04214018.pdf

Download (1MB)

Abstract

Komunikasi matematis adalah kemampuan menyampaikan suatu ide yang diketahui melalui dialog atau tulisan yang terjadi dilingkungan kelas, dimana terjadi pengalihan pesan dan pesan yang dialihkan berisikan tentang materi matematika. Berpikir reflektif merupakan kemampuan berpikir yang menghubungkan ide-ide yang telah dimiliki kemudian dikembangkan lagi. Proses pembelajaran yang tepat dapat meningkatkan kemampuan komunikasi dan berpikir reflektif matematis siswa. Oleh karena itu, peneltian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran model The Learning Cell dengan strategi Self Regulated Learning terhadap kemampuan komunikasi dan berpikir reflektif matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitan quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VII MTs Nurul Huda Sedati. Sampel penelitian ini diperoleh satu kelas yang diambil secara acak yang diambil dari lima kelas dan hasilnya terpilih kelas VII-3. Teknik pengumpulan data yang dilaksanakan meliputi tes kemampuan awal dan tes kemampuan akhir dengan menggunakan metode tes tertulis.Hasil penelitian ini dalam pengujian hipotesis 1) menunjukkan bahwa Z_hitung=4,46 > Z_tabel=1,96 yang artinya rata-rata kemampuan komunikasi matematis siswa sesudah penerapan model The Learning Cell dengan strategi Self Regulated Learning lebih tinggi dibandingkan dengan sebelum penerapan model The Learning Cell dengan strategi Self Regulated Learning. 2) Berdasarkan analisis statiska uji t, tes kemampuan berpikir reflektif matematis menunjukkan bahwa t_hitung>t_tabel yang artinya rata-rata berpikir reflektif siswa sesudah penerapan model pembelajaran The Learning Cell dengan strategi Self Regulated Learning lebih tinggi dibanding dengan sebelum penerapan model pembelajaran The Learning Cell dengan strategi Self Regulated Learning.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fahiroh, Yunita Itrotulyunitaitrotul@gmail.comD04214018
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSetyawati, Maunahmaunahsetyawati@uinsby.ac.id197411042008012008
Thesis advisorYudi, Usmanusmanyudiwildan@gmail.com2024016501
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Komunikasi
Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: Model The Learning Cell; Strategi Self Regulated Learning; Kemampuan Komunikasi; dan Berpikir Reflektif.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Yunita itrotul Fahiroh
Date Deposited: 28 Jul 2020 12:16
Last Modified: 28 Jul 2020 12:16
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/41985

Actions (login required)

View Item View Item