Diversitas Ordo Anura di kawasan Air Terjun Tancak Kembar Kabupaten Bondowoso

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Idrus, Meilinda Rodhiya (2020) Diversitas Ordo Anura di kawasan Air Terjun Tancak Kembar Kabupaten Bondowoso. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Meilinda Rodhiya Idrus_H01216013.pdf

Download (10MB)

Abstract

Indonesia mempunyai diversitas fauna yang melimpah, salah satunya dari Ordo Anura. Ordo Anura yang meliputi katak dan kodok memiliki peranan penting di alam. Penelitian mengenai diversitas Anura yang ada di Kabupaten Bondowoso Jawa Timur belum pernah dilakukan, padahal Anura memiliki peranan penting dalam menjaga keseimbangan lingkungan dan memiliki nilai ekologis yang cukup tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui diversitas Ordo Anura di Kawasan Air Terjun Tancak Kembar. Jenis penelitian yang dilakukan yakni deskriptif eksploratif. Metode pengamatan menggunakan Visual Encounter Survey (VES) yang dimodifikasi dengan metode transek. Lokasi penelitian di Kawasan Air Terjun Tancak Kembar telah terbagi menjadi tiga zona yaitu zona air terjun utama, zona aliran sungai dan zona jalan setapak. Hasil dari pengamatan, tiap spesies akan diidentifikasi menggunakan buku Amfibi Jawa Bali (Djoko T. Iskandar) dan artikel jurnal terkait. Hasil data penelitian dianalisis menggunakan indeks diversitas, indeks kemerataan, indeks dominansi dan derajat kemelimpahan relatif. Berdasarkan hasil penelitian selama tiga hari, didapatkan 10 spesies dari 6 famili yaitu Chalcorana chalconota, Hylarana erythraea, Odorrana hosii, Huia masonii, Phrynoidis asper, Leptobrachium hasseltii, Fejervarya limnocharis, Microhyla achatina, Polypedates leucomystax dan Rhacophorus reinwardtii. Kawasan Air Terjun Tancak Kembar memiliki nilai indeks diversitas termasuk sedang (H’ = 1,41), nilai indeks kemerataan termasuk dalam kemerataan tertekan (E = 0,61) dan nilai indeks dominasi yang termasuk relatif sedang (D = 0,3757). Nilai derajat kemelimpahan relatif pada spesies Huia masonii termasuk Ba karena banyak dijumpai (30 perjumpaan/hari), Odorrana hosii termasuk Cu karena cukup banyak dijumpai (10-30 perjumpaan/hari), sedangkan 8 spesies lainnya termasuk La karena langka dijumpai (>5 perjumpaan/hari).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Idrus, Meilinda Rodhiyaelinmeilinda98@gmail.comH01216013
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRokhim, Saikusaiku_rokhim_avicenna@yahoo.com2021128601
Thesis advisorBahri, Saifulsaiful200488@gmail.com198804202018011002
Subjects: Biologi
Keywords: Anura; Diversitas; Tancak Kembar; Visual Encounter Survey (VES).
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Biologi
Depositing User: Meilinda Rodhiya Idrus
Date Deposited: 13 Aug 2020 00:53
Last Modified: 13 Aug 2020 00:53
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/41991

Actions (login required)

View Item View Item