Telaah Rasm Utsmani dalam manuskrip mushaf Alquran koleksi Jamal Nasuhi

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mulazimah, Elsa (2020) Telaah Rasm Utsmani dalam manuskrip mushaf Alquran koleksi Jamal Nasuhi. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Elsa Mulazimah_E93215064.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari penelurusan peneliti terhadap beberapa manuskrip di Desa Coper, Jetis, Kabupaten Ponorogo, hingga peneliti menemukan sebuah manuskrip mushaf milik Jamal Nasuhi di kediamannya. Dalam penelurusan ini didapatkan sebuah informasi bahwa manuskrip mushaf ini merupakan warisan turun temurun, namun kurang jelas siapa penyalin dan beberapa permasalahan lainnya. Kendati demikian, pada skripsi ini terbatas pada dua permasalahan. Pertama, bagaimana karakteristik manuskrip mushaf milik Jamal Nasuhi, kedua, bagaimana penggunaan rasm dan konsistensinya dalam manuskrip mushaf milik Jamal Nasuhi. Model penelitian yang saat ini digunakan adalah kualitatif, yang mana dalam segi penyajiannya menggunakan teknik deskriptif-analisis. Sehubungan dengan fokus penelitian dan data berupa manuskrip mushaf, maka pendekatan yang sesuai dengan ulumul quran dengan mengikuti tahap penelitian filologi. Dalam hal ini peneliti merujuk pada buku Filologi Indonesia, Teori dan Metode karya Oman Fathurrahman. Pada akhirnya penelitian memberikan dua jawaban bahwa: 1) berdasarkan pengamatan terhadap bahan kertas Manuskrip Mushaf milik Jamal Nasuhi ini berasal dari abad 19 di Jawa tepatnya di Coper Jetis Ponorogo dan disalin menggunakan hafalan yang mengakibatkan terjadinya corrupt naskah yang banyak jumlahnya. 2) penggunaan rasm dalam manuskrip mushaf milik jamal nasuhi ini cenderung tidak konsisten dengan adanya percampuran rasm dalam penulisannya. Adakalanya suatu ayat ditulis dengan rasm imla’i, adakalanya suatu ayat ditulis dengan rasm uthma>ni. Adakalanya suatu ayat terdapat dua rasm sekaligus. Tidak dapat dipungkiri terdapat beberapakata yang ditulis dalam rasm uthma>ni yang ditulis secara konsisten, namun pada kebanyakan penulisannya disandarkan pada pengucapan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mulazimah, Elsaelsamulazimahtw@gmail.comE93215064
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHadi Sucipto, Mohammadhadi_hz@uinsby.ac.id2010037502
Thesis advisorBilla, Mutamakkin-197709192009011007
Subjects: Manuskrip
Al Qur'an
Keywords: Rasm; Filologi; Manuskrip Mushaf; Jamal Nasuhi.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Elsa Mulazimah
Date Deposited: 29 Jul 2020 04:41
Last Modified: 29 Jul 2020 04:41
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/42000

Actions (login required)

View Item View Item