Kontrak kerja produksi di dunia pertanian perspektif sistem muzāra’ah: studi kasus di desa karangan, kecamatan kepohbaru, kabupaten bojonegoro

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Huda, Muhammad Nasrullah Irsyadul (2020) Kontrak kerja produksi di dunia pertanian perspektif sistem muzāra’ah: studi kasus di desa karangan, kecamatan kepohbaru, kabupaten bojonegoro. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Nasrullah Irsyadul Huda_G04216057.pdf

Download (1MB)

Abstract

Data penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh melalui dua sumber, yaitu data primer dan data sekunder. Data Primer diperoleh dengan wawancara langsung dengan pemilik tanah, penggarap dan masyarakat sekitar di Desa Karangan, Kecamatan Kepohbaru, Kabupaten Bojonegoro. Sedangkan data sekunder diperoleh dari sumber lain yang berkaitan dengan penelitian, seperti data dari buku dan sumber lainnya. Selanjutnya dianalisis menggunakan metode analisis deskriptif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa apa yang dilakukan oleh masyarakat Desa Karangan dalam kegiatan bagi hasil tersebut sesungguhnya tidak dilarang oleh agama, karena kegiatan tersebut merupakan kegiatan muamalah yang mana tujuannya untuk saling tolong menolong antar sesama dalam kemaslakhatan bersama. Adapun hal yang kurang dalam mengerjakan akad bagi hasil Paro/ muzāra’ah karena kurangnya wawasan masyarakat dalam melakukan bagi hasil yang sesuai dengan ajaran agama Islam, karena masyarakat bermuamalah dengan apa yang mereka ketahui (berdasar adat kebiasaan). Maka berdasarkan keterangan di atas diperbolehkan oleh sebagian para ulama’ akan tetapi mereka harus saling ridho di akhir jika terjadi gagal panen/bencana.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Huda, Muhammad Nasrullah Irsyadulanasfebi06@gmail.comG04216057
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSyafaq, HammisHammissyafaq@yahoo.com2016017501
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan > Metode
Keywords: Kontrak kerja; pertanian; Muzāra’ah.
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Muhammad Nasrullah Irsyadul Huda
Date Deposited: 16 Aug 2020 14:57
Last Modified: 16 Aug 2020 14:57
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/42002

Actions (login required)

View Item View Item