Analisis nilai Maqashid Syariah pada Bank Sampah dalam mewujudkan Green Economy di Kota Surabaya: studi kasus pada Bank Sampah Induk Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ali Masduqie, Muhammad Hamdan (2020) Analisis nilai Maqashid Syariah pada Bank Sampah dalam mewujudkan Green Economy di Kota Surabaya: studi kasus pada Bank Sampah Induk Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Hamdan Ali Masduqie_G94216117.pdf

Download (2MB)

Abstract

Metodologi penelitian yang digunakan dalam Penelitian yang dilakukan pada Bank Sampah Induk Surabaya ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Adapun pada penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan (field research) dan berdasarkan data primer maupun data sekunder. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Pada penelitian Skripsi yang dilakukan pada Bank Sampah Induk Surabaya ini, penulis mengaitkan nilai maqashid syariah pada pengelolaan Bank Sampah Induk Surabaya dalam mewujudkan green economy dan mendukung program Sustainable Development Goals (SDGs) di Kota Surabaya. Hasil penelitian yang didapatkan pada penelitian ini yaitu, terdapat penerapan nilai maqashid syariah pada pengelolaan Bank Sampah Induk Surabaya melalui ketetapan, pengadaan kegiatan, serta peraturan yang diterapkan oleh pengelola. Nilai maqashid syariah yang terdapat pada kegiatan operasional Bank Sampah Induk Surabaya ini yang menjadi upaya untuk dapat mewujudkan green economy di Kota Surabaya berdasarkan 10 prinsip pada konsep green economy Selain itu, konsep green economy merupakan konsep yang mendukung 3 program Sustainable Dvelopment Goals (SDGS) di Kota Surabaya yaitu, Kehidupan sehat dan sejahtera, Pekerjaan layak dan pertumbuhan ekonomi, serta Kota dan Komunitas yang berkelanjutan. Adapun rekomendasi yang dapat menjadi bahan masukan kepada pengelola Bank Sampah Induk Surabaya yaitu perlunya diadakan kegiatan evaluasi untuk seluruh SDM yang diadakan setiap bulan dan bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan, serta meningkatkan kegiatan sosialisasi (edukasi) kepada masyarakat Kota Surabaya mengenai manfaat pengelolaan sampah yang juga dapat menjadi kegiatan promosi terhadap program yang dimiliki oleh Bank Sampah Induk Surabaya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ali Masduqie, Muhammad Hamdanhamtras2020@gmail.comG94216117
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorCandra Yudha, Ana Toni Robyanatoniroby@gmail.com201603311
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan > Metode
Keywords: Maqashid Syariah; Bank Sampah; Green Economy; Sustainable Develoopment Goals (SDGs).
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Muhammad Hamdan Ali Masduqie
Date Deposited: 17 Aug 2020 00:52
Last Modified: 17 Aug 2020 00:52
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/42006

Actions (login required)

View Item View Item