Fiqh Munakahat: Hukum Pernikahan dalam Islam

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Muzammil, Iffah (2019) Fiqh Munakahat: Hukum Pernikahan dalam Islam. Tira Smart, Kota Tangerang. ISBN ISBN 978-602-6696-xx-x

[img] Text
Iffah Muzammil_Fiqh Munakahat.pdf

Download (4MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/42013

Abstract

Buku ini merupakan hasil kerja keras beberapa tahun, yang selalu tertunda penyelesaiannya. Berawal dari tugas mengajar Fiqh di Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Ampel, penulis merasa perlu untuk menyusun buku sederhana ini untuk dijadikan pegangan, disamping agar supaya apa yang penulis ketahui dan pahami, ada ‘bukti tertulis’nya. Mengingat ‘medan’ fiqh begitu luas, maka penulis memilih untuk menulis fiqh tentang perkawinan, dengan harapan mudah-mudahan pula di masa mendatang dapat dilanjutkan dengan materi lainnya, seperti fiqh ibadah, muamalah, dan lain-lain. Mengapa memilih fiqh perkawinan terlebih dahulu? Salah satunya adalah karena akhir-akhir ini banyak muncul beberapa kasus perkawinan yang menjadi perdebatan di tengah masyarakat seperti perkawinan beda agama, nikah sirri, nikah mut’ah, dll. Mudah-mudahan buku sederhana ini bisa sedikit memberi sumbangan untuk menjadi pegangan dalam menyikapi berbagai perdebatan tersebut. Setidaknya, menjadi modal awal untuk memahami substansi perdebatan yang terjadi. Sebagai buku fiqh, buku ini bisa menjadi pegangan semua kalangan, karena fiqh berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. Dalam penulisan ini, semaksimal mungkin penulis menyajikan dalil-dalil yang dikemukakan para ulama serta diskusi dan perdebatan di antara mereka, sehingga pembaca mendapatkan informasi yang cukup, bukan hanya menyangkut kesimpulan hukumnya (produk fiqh-nya), namun juga ‘bagaimana kesimpulan itu bisa muncul’?

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Book
Creators:
CreatorsEmailNIM
Muzammil, Iffahbintimuzammil@gmail.com2013076902
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
UNSPECIFIED., .UNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Nikah
Keywords: Munakahat; pernikahan
Divisions: Karya Ilmiah > Buku
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 29 Jul 2020 07:56
Last Modified: 29 Jul 2020 09:03
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/42013

Actions (login required)

View Item View Item