Peningkatan hasil belajar pada tema 6 subtema 2 materi Daur Hidup Hewan melalui strategi Card Sort pada siswa kelas IV MI Tarbiyatul Islamiyah Panjunan Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nurrohmah, Revida Wahyu Putri (2020) Peningkatan hasil belajar pada tema 6 subtema 2 materi Daur Hidup Hewan melalui strategi Card Sort pada siswa kelas IV MI Tarbiyatul Islamiyah Panjunan Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Revida Wahyu Putri Nurrohmah_D97216075.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena rendahnya hasil belajar siswa kelas IV MI Tarbiyatul Islamiyah Panjunan Sidoarjo pada Tema 6 subtema 2 materi daur hidup hewan. Hal ini dibuktikan bahwa hasil belajar siswa masih di bawah KKM dikarenakan masih kesulitan membedakan daur hidup hewan seperti metamorfosis sempurna, metamorfosis tidak sempurna, dan tanpa melalui metamorfosis. Rendahnya hasil belajar ini ikut mempengaruhi nilai hasil belajar siswa yakni 40% (tidak baik) yang mencapai nilai KKM. Oleh karena itu upaya yang dilakukan peneliti dalam meningkatkan hasil belajar adalah melalui strategi card sort. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana penerapan strategi card sort pada tema 6 subtema 2 materi daur hidup hewan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV MI Tarbiyatul Islamiyah Panjunan Sidoarjo?, 2) Bagaimana peningkatan hasil belajar siswa pada tema 6 subtema 2 materi daur hidup hewan setelah menerapkan strategi card sort kelas IV MI Tarbiyatul Islamiyah Panjunan Sidoarjo?. Penelitian ini menggunakan PTK dengan model Kurt Lewin yang di dalamnya terdapat 4 tahapan yakni perencanaan, observasi, tindakan, refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni wawancara, dokumentasi, observasi dan tes. Subyek peneliti ini adalah siswa kelas IV MI Tarbiyatul Islamiyah Panjunan Sidoarjo yang berjumlah 30 siswa, terdiri dari 13 laki-laki dan 17 perempuan. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa,”1) Penerapan strategi card sort telah dilakukan dengan baik. hal ini dapat dilihat dari hasil observasi aktivitas guru pada siklus I yaitu 80 (cukup), meningkat pada siklus II menjadi 91 (sangat baik). Hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I yaitu 78 (cukup) meningkat pada siklus II menjadi 92 (sangat baik), 2) Peningkatan hasil belajar siswa mengalami peningkatan dengan strategi card sort dapat dilihat dari persentase ketuntasan siswa pada siklus I yaitu 60% (kurang) mengalami peningkatan pada siklus II yaitu 93% (sangat baik) yang telah mencapai indikator kinerja, maka dapat dikatakan penelitian ini telah berhasil.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nurrohmah, Revida Wahyu Putrirevidaw@gmail.comD97216075
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorWakhidah, Nurnurwe@rocketmail.com2015127201
Thesis advisorSutini, Sutinisutinimiskun@uinsby.ac.id2003017703
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Keywords: Peningkatan Hasil Belajar; Strategi Card Sort; Materi Daur Hidup Hewan.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Revida Wahyu Putri Nurrohmah
Date Deposited: 29 Jul 2020 23:15
Last Modified: 31 Jul 2020 08:34
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/42016

Actions (login required)

View Item View Item