Penanaman akhlak pada pembelajaran matematika : studi gaya komunikasi guru muda

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Basalama, Bismar (2020) Penanaman akhlak pada pembelajaran matematika : studi gaya komunikasi guru muda. Masters thesis, UIN SUNAN AMPEL.

[img] Text
Bismar Basalama_F52918007.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pembelajaran matematika selain pengembangan kemampuan kognitif juga menekankan pengembangan akhlak siswa. Untuk mendukung pengembangan akhlak siswa dalam pembelajaran salah satunya adalah kualitas komunikasi guru. Guru muda dengan memiliki pengalaman yang sedikit namun memiliki kelebihan dari sisi fisik dan mental yang prima serta penguasaan teknologi diharapkan mampu mewujudkan pembelajaran matematika yang menanamkan akhlak. Untuk itu, peneliti melakukan penelitian penanaman akhlak dalam pembelajaran matematika di MTs/SMP Tebuireng Jombang (studi gaya komunikasi guru muda). Rumusan masalah penelitian ini adalah: (1) bagaimana konsep penanaman akhlak dalam pembelajaran matematika berdasarkan gaya komunikasi guru muda? (2)bagaimana strategi penanaman akhlak dalam pembelajaran matematika berdasarkan gaya komunikasi guru muda di MTs/SMP Tebuireng Jombang? (3) bagaimana implikasi penanaman akhlak dalam pembelajaran matematika berdasarkan gaya komunikasi guru muda di MTs/SMP Tebuireng Jombang?. Jenis penelitian ini menggunakan study kepustakaan (library research) dan penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data meliputi study pustaka dan study lapangan. Instrumen penelitian yang digunakan adalah sumber-sumber yang tertulis berupa buku dan jurnal ilmiah,lembar pengamatan (gaya komunikasi guru matematika dalam pembelajaran, RPP, aktivitas guru muda dalam pembelajaran matematika, akhlak siswa dalam pembelajaran matematika), alat perekam dan pedoman wawancara. Tahapan analisa data meliputi : (1) mentranskip data;(2)mengkodekan data;(3)memeriksa keabsahan data atau triangulasi data;(4) menelaah data;(5) menarik simpulan. Berdasarkan study kepustakaan, konsep penanaman akhlak dalam pembelajaran matematika guru muda bedasarkan gaya komunikasi dapat dilakukan dengan menyesuaikan kemampuan berfikir siswa dan penanaman akhlaknya dengan cara Taqlid (peniruan),Tajribah wa Khata’ (latihan), Ta’wid (pembiasaan). Berdasarkan penelitian yang dilakukan terhadap tiga guru muda matematika, strategi penanaman akhlak dalam pembelajaran matematika berdasarkan gaya komunikasi adalah dengan pembelajaran klasikal maupun pembelajaran non klasikal dan penanaman akhlaknya dengan cara Taqlid (peniruan),Tajribah wa Khata’ (latihan),Ta’wid (pembiasaan). Implikasi penanaman akhlak dalam pembelajaran matematika guru muda berdasarkan gaya komunikasi adalah tertanamnya akhlak pada siswa meliputi beriman kepada Alloh SWT, bertakwa kepada Alloh SWT, bersyukur kepada Alloh SWT, jujur (as-Sidq), teliti (al-Dhabt), kerja keras (al-Jidd). tanggung jawab (al-Amanah) dan kerja sama (at-Ta’awun).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Basalama, Bismaremailnya_bismar@ymail.comF52918007
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHamdani, A.Saepulasepsaepulhamdani@uinsby.ac.id2031076501
Thesis advisorMukaffa, Zumrotulzumrotul_mukafah@yahoo.com2015107003
Subjects: Pendidikan > Pendidikan - Karakter
Keywords: Pembelajaran Matematika; Akhlak; Guru Muda; Gaya Komunikasi.
Divisions: Program Magister > Ilmu Keislaman
Depositing User: Bismar Basalama
Date Deposited: 30 Jul 2020 05:26
Last Modified: 30 Jul 2020 05:26
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/42017

Actions (login required)

View Item View Item