Pemberian scaffolding untuk mengurangi kesalahan penalaran analogi dalam memecahkan masalah Matematika

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Allaina, Ika (2020) Pemberian scaffolding untuk mengurangi kesalahan penalaran analogi dalam memecahkan masalah Matematika. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ika Allaina_D74215091.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penalaran analogi tidak mudah dilakukan siswa dengan tepat. Sehingga banyak terjadi kesalahan penalaran analogi dalam memecahkan masalah matematika. Penalaran analogi terdiri dari 4 tahapan yaitu structuring, mapping, applying, dan verifying. Dalam memperbaiki kesalahan penalaran analogi dibutuhkan scaffolding dari orang lain atau orang yang lebih tinggi pengetahuannya. Ada 3 level scaffolding yang digunakan yaitu level 1 environmental provissions, level 2 explaining, reviewing, and restructuring, dan level 3 developing conceptual thinking. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan terjadinya kesalahan penalaran analogi dalam memecahkan masalah matematika serta kesalahan penalaran analogi dalam memecahkan masalah matematika setelah pemberian scaffolding. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan tes tertulis dan wawancara. Kegiatan penelitian dilaksanakan di kelas VIII-G SMP Negeri 1 Puncu, Kediri yang berjumlah 28 siswa. Subjek penelitian yang diwawancarai dan diberikan scaffolding berjumlah 3 siswa yang melakukan kesalahan 3 tahapan dari 4 tahapan penalaran analogi. Hasil tes tertulis dan wawancara tersebut selanjutnya dipaparkan dan dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini, diperoleh kesimpulan bahwa: (1) kesalahan penalaran analogi dalam memecahkan masalah matematika adalah a) kesalahan tahap structuring yaitu subjek menggunakan rumus yang salah dalam mencari netto, b) kesalahan tahap mapping yaitu tidak dapat mencari hubungan identik antara soal 1 dan soal 2, c) kesalahan tahap applying yaitu pada soal 2 tidak menggunakan proses pemecahan yang sama dengan soal 1 dan jawaban akhir salah. (2) kesalahan penalaran analogi dalam memecahkan masalah matematika setelah pemberian scaffolding menjadi berkurang. Kesalahan pertama subjek melakukan 3 kesalahan. Setelah diberikan scaffolding melakukan 1 kesalahan. Kata kunci: Scaffolding, Kesalahan Penalaran Analogi, Pemecahan Masalah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Allaina, Ikaikaallaina@gmail.comD74215091
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorLailiyah, Sitilailiyah@uinsby.ac.id2028098401
Thesis advisorYudi, Usmanusmanyudiwildan@gmail.com2024016501
Subjects: Matematika
Pendidikan
Pendidikan > Metode
Keywords: Scaffolding; Kesalahan Penalaran Analogi; Pemecahan Masalah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ika Ika Allaina
Date Deposited: 30 Jul 2020 02:19
Last Modified: 30 Jul 2020 02:37
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/42025

Actions (login required)

View Item View Item