Analisis sad adh dhari'ah terhadap perubahan nisbah pada akad pembiayaan di PT.BPRS Madinah Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Lailiyah, Alifatul (2020) Analisis sad adh dhari'ah terhadap perubahan nisbah pada akad pembiayaan di PT.BPRS Madinah Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Alifatul Nurlailiyah_C92216082.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini merupakan hasil dari penelitian lapangan (field rescarch) di PT. BPRS Madinah Lamongan. Data yang diambil dalam penelitian ini merupakan data yang dihimpun dari hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi lalu selanjutnya dianalisis menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan menggunakan juga pola pikir induktif, yaitu pola pikir yang berpijak pada teori-teori kaidah usuliyyah yang kemudian dikaitkan dengan fakta-fakta dalam praktik perubahan nisbah pada akad pembiayaan di PT. BPRS Madinah Lamongan. Dalam penelitian ini disimpulkan bahwasannya, pertama perubahan nisbah yang diterapkan pada PT. BPRS Madinah Lamongan terdapat pada produk pembiayaan mud}a>rabah atau musha>rakah. Perubahan ini dilakukan dengan melihat berbagai faktor atau kondisi yang dialami nasabah. Perubahan ini banyak diminta nasabah dengan alasan salah satunya mereka menginginkan keuntungan yang lebih besar melalui nisbah yang diinginkannya. Perubahan nisbah ini tidak sesuai dengan ketentuan yang ada dalam penetapan nisbah keuntungan dalam akad pembiayaan, karena adanya perubahan di pertengahan akad dan tanpa persetujuan nasabah, serta adanya penambahan pembayaran dalam transaksi ini yang dikhawatirkan akan jatuh pada perbuatan riba. Namun dalam hal ini juga menimbulkan madharat lain seperti yang dijelaskan dalam QS. al-an’am ayat 108. Dalam hal ini terdapat ketidak sesuaian antara teori dari suatu kaidah usuliyyah sad adh dhari’ah dimana kaidah ini merupakan ditetapkannya hukum larangan dari suatu perbuatan tertentu yang pada dasarnya diperbolehkan atau dilarang untuk mencegah terjadinya perbuatan lain yang menimbulkan suatu kerusakan ataupun kerugian yang lain. Untuk perubahan nisbah jika dikaitkan dengan kaidah tersebut menjadi tidak sah ditetapkan karena adanya tindakan yang mengarah pada hal yang dilarang yaitu tindakan yang mengarah pada perbuatan riba dan adanya ketidaksesuaian dengan ketentuan yang ada dalam syari’at
Saran untuk pihak BPRS Madinah dalam penerapan perubahan nisbah yang ada pada produk pembiayaannya hendaknya lebih hati-hati dalam menetapkan suatu perubahan agar tidak sampai melanggar ketentuan yang ada dan agar tidak menimbulkan madharat yang lain lagi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Lailiyah, Alifatulalifatulnurlailiyah@gmail.comC92216082
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorArif, Mohammadarifradhi18@gmail.com102101811126130
Subjects: Hukum Islam
Hukum Ekonomi
Keywords: Pembiayaan; Hutang piutang; Nasabah; Keuntungan.
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Alifatul Nurlailiyah
Date Deposited: 30 Jul 2020 06:41
Last Modified: 30 Jul 2020 06:41
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/42042

Actions (login required)

View Item View Item