Perilaku konsumsi nasabah produk BNI iB Hasanah Card perspektif hifdz al-mal pada BNI Syariah KCP Mikro Sunan Ampel Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sari, Damayanti Frida Novita (2020) Perilaku konsumsi nasabah produk BNI iB Hasanah Card perspektif hifdz al-mal pada BNI Syariah KCP Mikro Sunan Ampel Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Damayanti Frida Novita Sari_G04216018.pdf

Download (1MB)

Abstract

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif yaitu berupa kata-kata lisan ataupun tertulis dari orang yang diamati (nasabah produk BNI iB Hasanah Card), jenis penelitian ini bersifat penelitian lapangan dengan teknik pengumpulan data yang dilakukan berupa observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi kepustakaan. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa terdapat dua bentuk perilaku konsumsi yang dimiliki oleh nasabah BNI Syariah KCP Mikro Sunan Ampel Surabaya dalam pemakaian produk BNI iB Hasanah Card yaitu terdapat nasabah yang berperilaku konsumtif dan nasabah yang berperilaku konsumsi secara rasional. Namun, dalam pemakaian produk BNI iB Hasanah Card nasabah lebih cenderung dalam berperilaku konsumtif. Terbukti para nasabah mengungkapkan bentuk perilaku konsumtif yang mereka lakukan yaitu berupa pembelian barang berdasarkan keinginan, pembelian barang karena promo menarik yang ditawarkan, menyukai barang branded serta mengkoleksinya, dan kepemilikan lebih dari satu kartu kredit. Di dalam perspektif hifdz al-mal bentuk perilaku konsumtif yang dilakukan oleh nasabah produk BNI iB Hasanah Card tersebut bertentangan dengan hifdz al-mal (menjaga dan melindungi harta) karena tidak mengutamakan faktor kebutuhan dan menimbulkan pemenuhan akan harta benda secara berlebihan dari segi kuantitasnya (tidak efisien). Berbeda halnya dengan nasabah yang berperilaku konsumsi secara rasional yang mana dalam pengkonsumsian atas harta benda mengutamakan faktor kebutuhan, dan adanya produk BNI iB Hasanah Card memberikan peranan positif dalam transaksi keuangan, seperti memberikan kemudahan dan kepraktisan dalam transaksi penggunanya, meminimalisir tindak kriminalitas, membantu dalam keadaan darurat, mempermudah dalam pengaturan anggaran. Maka dari itu, penggunaan akan produk BNI iB Hasanah Card dalam kacamata hifdz al-mal sangat membantu dalam pemenuhan akan kebutuhan konsumsi suatu barang, serta dalam perlindungan menjaga dan melindungi harta benda.Berdasarkan hasil penelitian ini, diharapkan sebagai pertimbangan pada PT Bank BNI Syariah Indonesia dalam pembaharuan atas kekurangan yang terdapat pada produk BNI iB Hasanah Card tersebut agar tidak memicu timbulnya perilaku konsumsi secara berlebihan (konsumtif), masyarakat diharapkan bijak dalam pemakaian serta mengetahui betul fungsi produk BNI iB Hasanah Card, dan pentingnya pengetahuan tentang hifdz al-mal (menjaga dan melindungi harta).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sari, Damayanti Frida Novitaadamayanti55@gmail.comG04216018
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSyafaq, Hammishammissyafaq@yahoo.com2016017501
Subjects: Bank dan Perbankan Islam
Ekonomi Islam
Keywords: BNI iB Hasanah Card; Perilaku Konsumsi; Hifdz Al-Mal.
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Damayanti Frida Novita Sari
Date Deposited: 31 Jul 2020 04:12
Last Modified: 31 Jul 2020 04:12
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/42045

Actions (login required)

View Item View Item