Studi Komparatif manajemen program tahfidz qur'an di SD Al-Irsyad Surabaya dan SD Al-Khairiyah 1 Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Jannah, Nurul (2020) Studi Komparatif manajemen program tahfidz qur'an di SD Al-Irsyad Surabaya dan SD Al-Khairiyah 1 Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nurul Jannah_D03216027.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan tentang manajemen program tahfidz Qur’an di SD Al-Irsyad Surabaya dan SD Al-Khairiyah 1 Surabaya, dengan sub fokus: 1) perencanaan program tahfidz Qur’an, 2) pelaksanaan program tahfidz Qur’an, 3) evaluasi program tahfidz Qur’an yang dilakukan di SD Al-Irsyad Surabaya dan SD Al-Khairiyah 1 Surabaya. Penelitian ini menggunakan penelitian jenis kualitatif deskriptif dengan pendekatan komparatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Koordinator tahfidz, guru tahfidz dan siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Perencanaan program tahfidz Qur’an di SD Al-Irsyad Surabaya dan SD Al-Khairiyah 1 Surabaya sama-sama merupakan program lanjutan dari jenjang sebelumnya yang kemudian mengkoordinasikan mengenai rencana program tahfidz untuk masa depan. Pada perencanaan juga sama-sama juga sama-sama merumuskan tujuan program tahfidz, membuat jadwal tatap muka, membagi guru dengan siswanya yang diikuti oleh semua Koordinator tahfidz, guru tahfidz dan Yayasan bila diperlukan. Adapun perbedaannya yaitu di SD Al-Irsyad Surabaya memiliki target hafal juz 30, 29, dan 28, sedangkan di SD Al-Khairiyah 1 Surabaya memiliki target hafal juz 30 dan 29. 2) Pelaksanaan program tahfidz Qur’an di SD Al-Irsyad dan SD Al-Khairiyah 1 Surabaya memiliki persamaan mengenai waktu pembelajaran yaitu 60 menit, setor hafalan yang dilakukan siswa yaitu setiap pertemuan tatap muka, dan indikator penilaian dalam hafalan. Adapun perbedaannya mengenai sistem yang diterapkan di sekolah masing-masing, misal mengenai pelaksanaan di SD Al-Irsyad dalam seminggu 3x pertemuan sedangkan di SD Al-Khairiyah 1 Surabaya dalam seminggu 4x pertemuan, materi untuk tahfidz, dan cara penilaian guru. 3) Evaluasi program tahfidz Qur’an di kedua sekolah tersebut sama-sama dilakukan 3x yaitu setiap minggu, setiap bulan, dan di akhir semester dengan membahas mengenai permasalahan siswa, cara mengatasi siswa, dan perkembangan hafalan siswa. Adapun perbedaannya ialah diwaktu pelaksanaannya, salah satunya evaluasi yang dilakukan SD Al-Irsyad tiap minggu tepat hari Sabtu sedangkan SD Al-Khairiyah 1 Surabaya melaksanakannya dihari Kamis.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Jannah, Nuruljannahn844@gmail.comD03216027
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKholis, Nurnurkholis08@gmail.com2011036701
Thesis advisorRifa'i, Muh. Khoirulrifai@uinsby.ac.id2012078201
Subjects: Manajemen
Pendidikan
Al Qur'an
Keywords: Manajemen; Program; Tahfidz Qur’an.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Nurul Jannah
Date Deposited: 31 Jul 2020 04:27
Last Modified: 01 Aug 2020 07:58
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/42050

Actions (login required)

View Item View Item