Solidaritas sosial dan makna simbolik kehidupan masyarakat Ngepeh desa Rejoagung kecamatan Ngoro kabupaten Jombang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sari, Rikhla Sinta Ilva (2020) Solidaritas sosial dan makna simbolik kehidupan masyarakat Ngepeh desa Rejoagung kecamatan Ngoro kabupaten Jombang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rikhla Sinta Ilva Sari_E02216019.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena adanya kehidupan sosial masyarakat di dusun Ngepeh desa Rejoagung kecamatan Ngoro kabupaten Jombang yang jauh dari konflik dengan agama yang berbeda, selain itu dalam perbedaan tersebut terdapat hal unik dalam upacara kematian masyarakat Ngepeh berupa kain penutup keranda yang berwarna hitam yang digunakan oleh semua masyarakat yang meninggal tanpa melihat perbedaan agama. Kemudian penulis melakukan penelitian untuk mendapatkan data bagaimana bentuk solidaritas sosial dan makna simbolik kehidupan masyarakat Ngepeh yang hidup dengan harmonis. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bertujuan untuk mengetahui bentuk solidaritas sosial dan makna simbolik solidaritas sosial masyarakat Ngepeh. Objek penelitian ini adalah masyarakat Ngepeh yang memiliki latar belakang agama yang beragam, yaitu ada Agama Islam, Kristen, dan Hindu. Dalam penelitian ini menggunakan teori solidaritas sosial dan interaksi simbolik, yang mana data-data penelitian ini didapatkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi yang dilakukan langsung oleh penulis. Kemudian untuk analisis data melalui tahapan reduksi data, penyajian data, penyimpulan dan verifikasi, serta penyimpulan akhir. Dari penelitian tersebut diketahui bentuk solidaritas sosial di masyarakat Ngepeh berupa solidaritas mekanik yang terlihat dari kegiatan agama saat perayaan hari besar masing-masing agama yang ada dan kegiatan sosial berupa bersih dusun yang biasanya dilakukan do’a bersama dan syukuran. Dari kegiatan tersebut terlihat bahwa pembagian kerja yang rendah terbukti bahwa masyarakat memiliki kesadaran kolektif atau kepedulian sosial yang tinggi. Dan makna simbolik solidaritas sosial kehidupann masyarakat salah satunya tergambar saat ada warga yang meninggal semua masyarakat bertakziah dan turut membawa keranda jenazah menuju pemakaman tanpa memandang status agama. Kain penutup keranda berwarna hitam merupakan simbol dari solidaritas sosial yang diberi makna bersama sebagai bentuk toleransi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sari, Rikhla Sinta Ilvaarsyaf171113@gmail.comE02216019
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRosyidah, Feryani Umiferyani66@gmail.com2008026901
Thesis advisorNasruddin, Nasruddinnasruddin@uinsby.ac.id2003087301
Subjects: Agama
Masyarakat
Keywords: Solidaritas Sosial; Makna Simbolik; Beragam Agama.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Studi Agama - Agama
Depositing User: RIKHLA SINTA ILVA SARI
Date Deposited: 31 Jul 2020 02:13
Last Modified: 31 Jul 2020 02:13
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/42051

Actions (login required)

View Item View Item