Pengaruh strategi pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning) terhadap kemampuan kognitif siswa pada mata pelajaran Fiqih kelas IX MTS Sunan Ampel Pakuniran

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ahyati, Ahyati (2020) Pengaruh strategi pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning) terhadap kemampuan kognitif siswa pada mata pelajaran Fiqih kelas IX MTS Sunan Ampel Pakuniran. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ahyati_D91216046.pdf

Download (1MB)

Abstract

Dalam penelitian ini masalah yang diangkat yakni: Bagaimana penerapan strategi pembelajaran berbasis masalah (problem based learning) pada mata pelajaran fiqih, bagaimana kemampuan kognitif siswa, bagaimana pengaruh strategi pembelajaran berbasis masalah (problem based learning) terhadap kemampuan kognitif siswa pada mata pelajaran fiqih kelas IX MTs Sunan Ampel Pakuniran. Untuk mencapai tujuan tersebut digunakan pendekatan kuantitatif. Adapun jumlah sampel adalah populasi kelas IX yaitu sebanyak 25. Lokasi yang diteliti bertempat di MTs Sunan Ampel Pakuniran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, angket dan dokumentasi. Sedangkan untuk pengolahan data menggunakan analisis product moment dan regresi linear sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) strategi pembelajaran berbasis masalah (problem based learning) di MTs Sunan Ampel Pakuniran tergolong cukup baik, dengan hasil 31.6% berada diantara pada interval 25% - 49%. (2) Kemampuan kognitif kelas IX di MTs Sunan Ampel Pakuniran tergolong “baik” dengan nilai rata-rata (mean) sebesar 8.28 yang mengacu pada kriteria nilai raport. (3) terdapat pengaruh strategi pembelajaran berbasis masalah (problem based learning) terhadap kemampuan kognitif siswa pada mata pelajaran fiqih kelas IX MTs Sunan Ampel dari hasil analisis regresi dengan hasil 4.43 yang menunjukkan F hitung ≥ dari F tabel. Dan berkorelasi tinggi dari hasil analisis product moment yaitu sebesar 0.87 yang terletak pada interval antara 0.800 sampai dengan 1.00.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ahyati, Ahyatiahyatiahyati1998@gmail.comD91216046
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFaizin, Mohfaizin-ahwan@yahoo.com2015087202
Thesis advisorFahmi, Muhammadfahme_yes@yahoo.com2106087701
Subjects: Belajar
Fikih
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ahyati Ahyati
Date Deposited: 03 Aug 2020 12:37
Last Modified: 03 Aug 2020 12:37
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/42068

Actions (login required)

View Item View Item