Problematika pedagogis dalam implementasi pembelajaran pendidikan agama Islam berbasis sistem kredit semester : studi kasusdi MTS Amanatul Ummah Surabaya program 2 tahun

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Al Farizy, Fairuz Zubady (2020) Problematika pedagogis dalam implementasi pembelajaran pendidikan agama Islam berbasis sistem kredit semester : studi kasusdi MTS Amanatul Ummah Surabaya program 2 tahun. Undergraduate thesis, UIN SUNAN AMPEL SURABAYA.

[img] Text
Fairuz Zubady Al Farizy_D01216010.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul Problematika Pedagogis dalam Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Sistem Kredit Semester (Studi Kasus di Mts Amanatul Ummah Surabaya Program 2 Tahun) dengan rumusan masalah Bagaimana implementasi pembelajaran PAI berbasis SKS? danBagaimana problematika pedagogis dalam implementasi pembelajaran PAI berbasis SKS? Metode penelitian yang digunakan merupakan jenis penelitian lapangan (field research) yang bersifat kualitatif.Penelitian lapangan adalah penelitian yang data- datanya diperoleh berdasarkan pengamatan langsung di lapangan.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini diantaranya adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bentuk implementasi yang dilakukan oleh guru pendidikan agama Islam dengan membuat suatu rancangan pelaksanaan pembelajaran yang biasa disingkat dengan RPP. Salah satu upaya guru dalam mengoptimalkan pembelajaran yang di dalamnya terdapat program, sasaran, dan paparan tentang hal apa saja yang harus dilaksana-kan oleh seorang guru kepada siswa. Dalam tatap muka tersebut guru dapat menghimbau perilaku berkarakter dan guru juga sebagai panutan bagi mereka hendaknya mampu dijadikan teladan yang baik.Untuk itu seorang guru harus mampu menunjukkan sikap berkarakter yang diharapkan. Sedangkan hasil penelitian lain menunjukkan bahwa problematika pedagogik merupkan sebuah permasalahan yang dimiliki oleh seorang guru saat pembelajaran berlangung. Beberapa permasalahan yang terjadi kuragnya memahami siswa dalam hal karakteristik siswa dari aspek moral-emosional, karakteristik siswa dari aspek sosial-kultural, karakteristik siswa dari aspek fisik, karakteristik dari aspek intelektual, karakteristik kurang minat baca siswa. Setelah dilakukan sebuah penelitian problematika yang terdapat di MTs Unggulan PP Amanatul Ummah Surabaya dari beberapa karakteristik yang ada, hanya ada dua yang termasuk diantaranya adalah kategori karakteristik kurang minat baca siswa, dan karakteristik dari aspek intelektual. Analisa tersebut di dapat berdasarkan pendapat narasumber ketika dilakukan sebuah wawancara. Sehingga peneliti memberikan saran kepada yayasan agar tetap mempertahankan sebuah program 2 tahun dan program-program yang lain, agar mempermudah siswa berkreasi dalam memilih model pembelajaran sesuai dengan kemampuan siswa.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Al Farizy, Fairuz ZubadyFairuzzubady1@gmail.comD01216010
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMustofa, M. Bahribahri.musthofa007@gmail.com2022077302
Thesis advisorThohir, Muhammadmuhammadthohir@uinsby.ac.id2025077402
Subjects: Pendidikan Islam
Keywords: Problematika Pedagogik; Satuan Kredit Semester; Pendidikan Agama Islam.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fairuz Zubady Al Farizy
Date Deposited: 03 Aug 2020 12:19
Last Modified: 03 Aug 2020 12:19
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/42080

Actions (login required)

View Item View Item