Pengambilan keputusan investasi generasi Y dan strategi peningkatan jumlah nasabah terhadap produk tabungan emas di Pegadaian Syariah cabang Babakan Kota Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rikantasari, Shelvyna (2020) Pengambilan keputusan investasi generasi Y dan strategi peningkatan jumlah nasabah terhadap produk tabungan emas di Pegadaian Syariah cabang Babakan Kota Surabaya. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
SHELVYNA RIKANTASARI_F02418158.pdf

Download (19MB)

Abstract

Tesis yang berjudul Pengambilan Keputusan Investasi Generasi Y Terhadap Produk Tabungan Emas Di Pegadaian Syariah Cabang Babakan, Kota Surabaya, menjawab masalah penelitian bagaimana strategi Pegadaian Syariah Babakan dalam membidik Generasi Y untuk berinvestasi produk tabungan emas serta bagaimana pengambilan keputusan investasi yang dilakukan oleh generasi Y terhadap produk tabungan emas Pegadaian Syariah Babakan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan fenomenologi. Data yang diperoleh juga dengan melalui wawancara dan dokumentasi, kemudian dianalisis secara kualitatif deskriptif yakni proses mencari dan menyusun secara sistematis serta mendeskripsikan data yang diperoleh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) strategi yang dimiliki oleh Pegadaian Syariah Babakan dalam menarik Generasi Y yakni dengan cara banyak melakukan promo di media social instagram, facebook serta media eletronik seperti iklan di televisi. Dalam promo tersebut selalu disertakan diskon dan hadiah menarik sehingga membuat nasabah ingin melakukan investasi tabungan emas. 2) pengambilan keputusan yang dilakukan oleh generasi Y didasari oleh beberapa faktor yakni ekonomi, sosial dan psikologis. Pada kondisi tersebut terdapat beberapa informan generasi Y ada yang memilih tabungan emas serta ada yang tidak memilih tabungan emas karena mereka menggap bahwa emas itu keuntungan yang didapatkan relatif lama sedangkan karakteristik generasi Y itu ingin keuntungan yang besar dengan waktu yang tidak terlalu lama. Saran untuk Pegadaian Syariah Babakan lebih gencar lagi dalam melakukan promo dan sosialisasi tentang produk tabungan emas dan untuk generasi Y, bijak dalam mengambil suatu keputusan untuk berinvestasi karena diperlukan pencarian informasi terlebih dahulu terkait dengan produk investasi tersebut

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rikantasari, Shelvynashelvyna@gmail.comF02418158
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRitonga, Iskandariskandarritonga@yahoo.com2015066502
Thesis advisorArifin, Sirajulsirajul.arifin@yahoo.com2014057001
Subjects: Ekonomi Islam
Investasi
Keywords: Strategi; Pengambilan Keputusan;Tabungan Emas.
Divisions: Program Magister > Ekonomi Syariah
Depositing User: Shelvyna Rikantasari
Date Deposited: 03 Aug 2020 07:20
Last Modified: 03 Aug 2020 07:20
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/42091

Actions (login required)

View Item View Item