Uji akurasi penentuan awal waktu salat dalam aplikasi Android Islamicastro karya Muhammad Faishol Amin

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Safitri, Rismaya Deva Oktaviani (2020) Uji akurasi penentuan awal waktu salat dalam aplikasi Android Islamicastro karya Muhammad Faishol Amin. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rismaya Deva Oktaviani Safitri_C08216020.pdf

Download (6MB)

Abstract

Skripsi ini merupakan jenis penilitian kualitatif yang bersifat deskriptif dan penelitian lapangan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber data primer dari penelitian ini adalah aplikasi android Islamicastro dan data-data yang berkaitan dengan perhitungan awal waktu salat. Sedangkan, sumber data sekunder penelitian ini adalah buku-buku, karya ilmiah, dan website yang berkaitan dengan penelitian ini. Hasil penelitian ini menghasilkan dua temuan. Pertama, algoritma penentuan awal waktu utama (fadhilah) salat wajib lima waktu pada aplikasi android Islamicastro menggunakan bantuan ephemeris pada aplikasi android Islamicastro dan juga GPS perangkat android untuk mendapatkan data seperti lintang, bujur, dan tinggi tempat, kemudian data-data tersebut dihitung menggunakan metode Slamet Hambali. Kedua, tingkat akurasi aplikasi android Islamicastro dalam penentuan awal waktu salat sudah cukup akurat berdasarkan hisab pada website Bimbingan Masyarakat (Bimas) Islam Kementerian Agama Republik Indonesia, karena dalam perhitungannya sudah memperhitungkan nilai ketinggian tempat. Hasil hisab pada aplikasi android cenderung lebih cepat sekitar 1-4 menit dibandingkan website Bimas Islam dikarenakan belum ada penambahan ihtiyat pada hasil hisab aplikasi android Islamicastro, sehingga disarankan kepada pengguna aplikasi android tersebut harus menambahkan ihtiyat menggunakan ketentuan Slamet Hambali sesuai metode perhitungan yang digunakannya sebagai langkah pengamanan masuknya waktu salat. Diharapkan adanya pengembangan baru pada aplikasi android Islamicastro agar dapat lebih memudahkan pengguna yang hendak ingin menggunakan aplikasi tersebut dalam menentukan awal waktu salat di berbagai kota dan waktu yang hendak ingin diketahui awal waktu salatnya, serta juga di berbagai kondisi tempat, dan juga penambahan ihtiyat agar hasil hisab awal waktu salat pada aplikasi android Islamicastro tidak terlalu cepat dibandingkan website Bimas milik Kementerian Agama Republik Indonesia.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Safitri, Rismaya Deva Oktavianirismayadevaos@gmail.comC08216020
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisoral - Hamidy, Abu Dzarrin-2004067302
Subjects: Salat > Salat, Waktu
Falak
Keywords: Awal Waktu Salat; Aplikasi Android Islamicastro; Tingkat Akurasi.
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Falak
Depositing User: Rismaya Deva Oktaviani Safitri
Date Deposited: 03 Aug 2020 12:56
Last Modified: 03 Aug 2020 12:56
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/42095

Actions (login required)

View Item View Item