Interpretasi pedagang tentang zakat perdagangan sebagai pengurang pajak penghasilan di pasar Ampel Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mufidasari, Azza (2020) Interpretasi pedagang tentang zakat perdagangan sebagai pengurang pajak penghasilan di pasar Ampel Surabaya. Undergraduate thesis, UIN SUNAN AMPEL SURABAYA.

[img] Text
Azza Mufidasari_C07216005.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Interpretasi Pedagang Tentang Zakat Perdagangan Sebagai Pengurang Pajak Penghasilan Di Pasar Ampel Surabaya” merupakan penelitian yang bertujuan untuk menjawab bagaimana interpretasi pedagang tentang kewajiban zakat perdagangan melalui lembaga pengelola zakat dan zakat pengurang pajak penghasilan di Pasar Ampel Surabaya. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan survei pendahuluan, wawancara, dan dokumentasi. Wawancara dilakukan secara langsung kepada pedagang Pasar Ampel, Ta’mir Masjid Ampel, Kepala Bidang Administrasi dan Umum BAZNAS, serta Kepala Seksi Ekstensifikasi Pajak KPP Pratama Simokerto. Hasil penelitian mengenai interpretasi pedagang mengenai zakat perdagangan sebagai pengurang pajak penghasilan di Pasar Ampel Surabaya masih sangat kurang. Hal tersebut ditunjukkan dari hasil analisis yang mengategorikan interpreter dalam 4 tingkat, yakni: Tidak paham dengan adanya aturan tersebut; Meragukan adanya informasi mengenai aturan tersebut; Belum mengetehui mengenai adanya aturan tersebut; Paham dengan aturan tersebut namun berasumsi bahwa aturan tersebut merupakan cara pemerintah mempermainkan masyarakat dalam hal zakat dan pajak. Keterbatasan pengetahuan interpreter disebabkan karena dari pihak Direktorat Jenderal Pajak belum pernah melakukan sosialisasi secara khusus kepada pedagang mengenai aturan zakat perdagangan sebagai pengurang pajak. Selain itu, dari pihak amil zakat sendiri, yakni BAZNAS belum pernah mesosialisasikan diri dikalangan pedagang sedangkan di Masjid Ampel sampai saat ini masih belum terbentuk suatu lembaga pengelola zakat. Adapun saran dari peneliti diharapkan LAZ di Masjid Ampel Surabaya dapat terbentuk, selanjutnya sosialisasi mengenai zakat perdagangan dan peran penting lembaga pengelola zakat perlu dimaksimalkan dan digencarkan oleh lembaga pengelola zakat secara komprehensif. Perihal zakat sebagai pengurang pajak penghasilan, peneliti berharap dari pihak Direktorat Jenderal Pajak perlu ikut serta dan berperan aktif dalam mensosialisasikan mengenai hal tersebut agar perolehan pajak dapat ditingkatkan khususnya di pedagang Pasar Ampel Surabaya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mufidasari, Azzaamufidasari@gmail.comC07216005
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRahayu, Hastanti Agustin-198308082018012001
Subjects: Pajak dan Perpajakan
Zakat
Keywords: Interpretasi: Zakat Perdagangan: Zakat Pengurang Pajak Penghasilan.
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Zakat dan Wakaf
Depositing User: Azza Mufidasari
Date Deposited: 03 Aug 2020 22:09
Last Modified: 03 Aug 2020 22:09
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/42100

Actions (login required)

View Item View Item