Integrasi nomor pokok wajib zakat (NPWZ) dan nomor pokok wajib pajak (NPWP) untuk peningkatan kesadaran muzaki dalam berzakat

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Tatiana, Devina Hilda (2020) Integrasi nomor pokok wajib zakat (NPWZ) dan nomor pokok wajib pajak (NPWP) untuk peningkatan kesadaran muzaki dalam berzakat. Undergraduate thesis, UIN SUNAN AMPEL SURABAYA.

[img] Text
Devina Hilda Tatiana_C97216030.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Integrasi Nomor Pokok Wajib Zakat (NPWZ) dan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) Untuk Peningkatan Kesadaran Muzaki Dalam Berzakat” merupakan penelitian yang bertujuan untuk menjawab pertanyaan tentang bagaimana sistem NPWZ dan NPWP serta bagaimana integrasi NPWZ dan NPWP dalam peningkatan kesadaran muzaki dalam berzakat. Metode penelitian yang digunakan adalah menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Dalam metode pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Wawancara dilakukan secara langsung kepada pihak-pihak yang terkait dengan sistem NPWZ dan NPWP yaitu staff IT dan HUMAS Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Jawa Timur, Staff pelaksana seksi bimbingan penyuluhan dan pengolahan dokumen dan hubungan masyarakat (P2HUMAS) Kanwil DJP II Jawa Timur, serta muzaki yang telah terdaftar di BAZNAS Jawa Timur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa muzaki dengan mudah untuk mendapatkan NPWZ dari BAZNAS Jatim hanya dengan melakukan registrasi online melalui sistem SIMBA, maka muzaki akan langsung mendapatkan NPWZ. Namun terkait integrasi NPWZ dan NPWP dalam upaya pengurang penghasilan kena pajak masih belum ada dikarenakan belum ada tindak lanjut dari pemerintah akan masalah ini. Melihat sistem yang masih perlu dikembangkan dan butuh waktu yang cukup lama untuk mengintegrasikan sehingga integrasi ini masih belum dapat terlaksana. Di kalangan masyarakat luas masih banyak muzaki yang sudah sadar zakat akan tetapi belum memanfaatkan kebijakan dari pemerintah yakni zakat sebagai pengurang pajak penghasilan, sehingga integrasi NPWZ dan NPWP ini belum bisa dikatakan dapat mempengaruhi kesadaran muzaki. Ditambah lagi banyak faktor lain yang dapat mempengaruhi kesadaran muzaki. Adapun saran untuk penelitian selanjutnya, dengan keterbatasan peneliti dalam menggali informasi terkait integrasi sistem maka dianjurkan untuk penelitian selanjutnya untuk menggali lebih dalam terkait sistem yang digunakan pada NPWZ. Dan dianjurkan untuk menambah jumlah responden yang diwawancarai demi menambah data agar data yang digunakan untuk penelitian ini menjadi lebih baik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Tatiana, Devina Hildadevinahilda05@gmail.comC97216030
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRahayu, Hastanti Agustin-198308082018012001
Subjects: Zakat
Keywords: Zakat; NPWZ; NPWP; Pajak.
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Zakat dan Wakaf
Depositing User: Devina Hilda Tatiana
Date Deposited: 03 Aug 2020 22:40
Last Modified: 03 Aug 2020 22:40
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/42101

Actions (login required)

View Item View Item