Konsep Al-Nafs perspektif Fakhruddin Al-Razi : studi penafsiran QS Yusuf 12:53 dalam tafsir Mafatihul Ghaib

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Qahhar, Muhammad Abdul (2020) Konsep Al-Nafs perspektif Fakhruddin Al-Razi : studi penafsiran QS Yusuf 12:53 dalam tafsir Mafatihul Ghaib. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Abdul Qahhar_E03216014.pdf

Download (1MB)

Abstract

Muhammad Abdul Qahhar, Konsep al-Nafs al-Razi Q.S. Yusuf (12):53 di Tafsir Mafatihul Ghaib Serta Implikasi dalam Pendidikan Karakter.
Masalah yang dikaji dalam penelitian ini: Pertama, mengkaji konsep pemikiran al-Razi mengenai al-nafs dalam tafsir Mafatihul Ghaib. Kedua, implikasiya al-nafs dalam pendidikan karakter. Pada penelitian ini menggunakan metode kualitatif, data-data yang diambil dari sumber library research, yaitu pengumpulan sumber data diambil melalui kajian kepustakaan, baik berupa buku, skripsi, tesis, desertasi, artikel, jurnal, serta karya ilmiah lainnya. Al-Razi yang mengatakan bahwa al-nafs yang terdiri dari bermacam dimensi kejiwaan seseorang yang terdiri dari mindseat (pikiran), persuaan (perasaan), hasrat (kemauan), kebuasan (bebas). Dimensi ini adalah persentuhan di antara bagian jismiyah serta ruhaniyah yang memproduksi prilaku (akhlak). Ini disebabkan karena kegunaan dari al-nafs adalah mewadahi aspek-aspek kejiwaan yang lain. Diantaranya ialah akal, hati, serta nafsu dimana aspek-aspek ini memiliki kontribusi dalam menciptakan kepribadian (akhlak) pada diri manusia yang di masa pendidikan modern sekarang disebut juga dengan pendidikan karakter. Aspek-aspek yang sangat ditekankan al-Razi ialah dengan jalan riyadhah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Qahhar, Muhammad Abdulabdulqohhar001@gmail.comE03216014
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorbakar, Abuabubakaryamani@yahoo.comNIP.197304041998031006
Subjects: Tafsir
Keywords: al-Razi; al-Nafs; Pendidikan Karakter.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Abdul Qahhar
Date Deposited: 05 Aug 2020 12:09
Last Modified: 05 Aug 2020 12:59
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/42110

Actions (login required)

View Item View Item