Nilai-nilai pendidikan karakter dalam kearifan lokal Lampung Perspektif Pendidikan Islam

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Syahputra, Muhammad Candra (2020) Nilai-nilai pendidikan karakter dalam kearifan lokal Lampung Perspektif Pendidikan Islam. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Candra Syahputra_F02318092.pdf

Download (2MB)

Abstract

Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Kearifan Lokal Lampung Perspektif Pendidikan Islam. Tesis. Magister Pendidikan Agama Islam. Program Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya. Pendidikan karakter harus terus diajarkan, ditanamkan, dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari tidak hanya dalam dunia pendidikan tapi juga dalam kehidupan masyarakat, kearifan lokal atau pengetahuan lokal sebagai nilai luhur dapat dijadikan sebagai basis pendidikan karakter sebagaimana nilai budaya bangsa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimanakah Nilai-nilai Pendidikan Karakter dalam kearifan lokal Lampung? (2) Bagaimanakah kearifan lokal Lampung perspektif pendidikan Islam?.Penelitian ini bertujuan: (1) mengetahui kandungan nilai-nilai pendidikan karakter dalam kearifan lokal Lampung (2) mengetahui bagaimana kearifan lokal Lampung perspektif pendidikan Islam. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan didukung dengan penelitian lapangan. Data dalam penelitian ini dikumpulkan menggunakan tiga metode, yaitu: observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisi data yang dipakai meliputi: pengumpulan data, pembersihan data, reduksi data, menyajikan data, verifikasi data, dan perumusan kesimpulan. Keberagaman suku di Indonesia merupakan suatu keniscayaan, kearifan lokal yang bernilai luhur merupakan pengetahuan asli tiap-tiap suku di Indonesia yang dapat dijadikan basis pendidikan karakter. Bangsa ini tidak perlu bingung mencari model pendidikan karakter. Itu dikarenakan basis kekuatan sebenarnya telah dimiliki bangsa ini, hal inilah yang membuat sangat perlunya mempertahankan budaya lokal sebagai nilai luhur yang dapat dijadikan basis karakter, Hasil penelitian menjelaskan bahwa: (1). Nilai-nilai pendidikan karakter dalam kearifan lokal Lampung tersebut yaitu: religius, mandiri, kerja keras, jujur, disiplin, tanggung jawab, toleransi, cinta damai, demokratis, bersahabat/komunikatif, peduli sosial dan peduli lingkungan nilai karakter tersebut dapat dikembangkan dalam pendidikan informal, pendidikan non-formal maupun pendidikan formal. (2). Kearifan lokal Lampung perspektif pendidikan Islam yaitu: Iman, mandiri, ikhtiar, jujur, disiplin, tanggung jawab, saling menghargai, persaudaraan, musyawarah, bersahabat, tolong-menolong, dan peduli terhadap lingkungan sekitar.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Syahputra, Muhammad Candracandrasyach@gmail.comF02318092
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKholis, Nurnurkholis@uinsby.ac.id2011036701
Subjects: Antropologi Budaya
Kebudayaan
Pendidikan Islam
Keywords: Local Wisdom; Islamic Education; Character Building.
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muhammad Candra Syahputra
Date Deposited: 05 Aug 2020 11:50
Last Modified: 05 Aug 2020 11:50
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/42119

Actions (login required)

View Item View Item