Peningkatan keterampilan menulis kalimat sederhana menggunakan Huruf Tegak Bersambung melalui metode Silaba pada siswa kelas I MIN I kota Surabaya.

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zein, Thirdtya Rais Syarifah (2020) Peningkatan keterampilan menulis kalimat sederhana menggunakan Huruf Tegak Bersambung melalui metode Silaba pada siswa kelas I MIN I kota Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Thirdtya Rais Syarifah Zein_D97216086.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan menulis kalimat sederhana menggunakan huruf tegak bersambung mata pelajaran Bahasa Indonesia yang dimiliki oleh siswa kelas I-D MIN 1 Kota Surabaya. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru kelas, penyebab keterampilan menulis siswa rendah dikarenakan kurangnya siswa dalam menuangkan ide-idenya secara tertulis dan siswa tidak bisa fokus pada proses pembelajaran tersebut karena siswa merasa seperti tidak tertarik pada proses pembelajaran. Berdasarkan data awal yang diperoleh, dari 28 siswa, terdapat hanya 5 siswa yang tuntas nilainya di atas kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang ditentukan yakni 75, dan 23 siswa yang tidak tuntas. Adapun rumusan masalah pada penelitian ini adalah: 1) Bagaimana penerapan metode silaba dalam meningkatkan keterampilan menulis kalimat sederhana menggunakan huruf tegak bersambung pada siswa kelas I-D MIN 1 Kota Surabaya?, 2) Bagaimana peningkatan keterampilan menulis kalimat sederhana menggunakan huruf tegak bersambung setelah menerapkan metode silaba pada siswa kelas I-D MIN 1 Kota Surabaya?.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan model dari Kurt Lewin yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas I-D MIN 1 Kota Surabaya berjumlah 28 siswa yang terdiri dari 11 laki-laki dan 17 perempuan. Pengumpulan data diperoleh melalui wawancara, observasi, penilaian produk, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Penerapan kelas I-D MIN 1 Kota pada siswa kelas I-D MIN 1 Kota Maryam Surabaya dilaksanakan dengan baik. Hal ini dilihat pada hasil observasi aktivitas guru meningkat dari siklus I sebesar 80 (baik) menjadi 94 (sangat baik) pada siklus II. Sedangkan hasil observasi aktivitas siswa meningkat dari siklus I sebesar 81 (baik) menjadi 91 (sangat baik) pada siklus II. 2) Peningkatan keterampian menulis kalimat sederhana menggunakan huruf tegak bersambung melalui metode silaba pada siklus I yaitu 66 (cukup) menjadi 83 (baik), sedangkan pada siklus II, prosentase ketuntasan meningkat dari siklus I sebesar 53% (cukup) menjadi 82% (sangat baik).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zein, Thirdtya Rais Syarifah3tyarais@gmail.comD97216086
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAlfin, Jauharotialfin_ftkuinsa2014@yahoo.com2006067301
Thesis advisorTaufik, Taufiktaufiksiraj@uinsby.ac.id2002027303
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Keywords: Peningkatan Keterampilan; Kalimat Sederhana; Huruf Tegak Bersambung; Metode Silaba
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Zein Thirdtya Rais Syarifah
Date Deposited: 05 Aug 2020 23:59
Last Modified: 05 Aug 2020 23:59
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/42146

Actions (login required)

View Item View Item