Peningkatan hasil belajar Materi Tayamum Mata pelajaran Fiqih melalui metode Edutainment pada siswa kelas III-A MIN 1 kota Surabaya.

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zein, Secondta Habib Syarifah (2020) Peningkatan hasil belajar Materi Tayamum Mata pelajaran Fiqih melalui metode Edutainment pada siswa kelas III-A MIN 1 kota Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Secondta Habib Syarifah Zein_D97216080.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas III-A MIN 1 Kota Surabaya pada materi tayamum mata pelajaran fiqih. Hal tersebut diketahui saat wawancara dengan guru mata pelajaran pada tahap pra siklus bahwa pembelajaran masih menggunakan metode ceramah, kurangnya penggunaan metode yang menyenangkan sehingga membuat siswa menjadi kurang termotivasi dalam meningkatkan hasil belajar. Berdasarkan kegiatan pra siklus dapat diketahui dari 35 siswa hanya 10 siswa yang tuntas. Persentase ketuntasan hasil belajar yang diperoleh hanya 28,57% dengan rata-rata 68,91. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Penerapan metode edutainment untuk meningkatkan hasil belajar materi tayamum mata pelajaran fiqih pada siswa kelas III-A MIN 1 Kota Surabaya. (2) Peningkatan hasil belajar materi tayamum mata pelajaran fiqih setelah menggunakan metode edutainment pada siswa kelas III-A MIN 1 Kota Surabaya. Metode penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kurt Lewin yang terdiri dari dua siklus dengan empat tahapan yaitu, perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III-A MIN 1 Kota Surabaya dengan jumlah 35 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penerapan metode edutainment pada materi tayamum mata pelajaran fiqih pada siswa kelas III-A MIN 1 Kota Surabaya telah dilaksanakan dengan baik. Hal ini dapat dilihat dari hasil observasi aktivitas guru pada siklus I yaitu 77,67% (Cukup), meningkat pada siklus II menjadi 89,28 (Baik). Sedangkan untuk hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I memperoleh 71,42% (Cukup), meningkat pada siklus II menjadi 87,5% (Baik). (2) Peningkatan hasil belajar materi tayamum mata pelajaran fiqih setelah menggunakan metode edutainment, persentase ketuntasan hasil belajar yang diperoleh pada pra siklus yaitu 28,57% (Sangat Kurang) dengan rata-rata 68,91 (Cukup). Untuk siklus I meningkat menjadi 57,14% (Kurang) dengan rata-rata 75,54 (Cukup). Sedangkan untuk siklus II meningkat menjadi 88,57% (Baik) dengan rata-rata 84,02 (Baik).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zein, Secondta Habib Syarifahsecondtahabib43@gmail.comD97216080
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNadlir, Nadlirnadlir_uban@yahoo.com2022076802
Thesis advisorMunawir, Munawirmunawirpgmi@yahoo.co.id2001086501
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Hasil Belajar
Keywords: Peningkatan Hasil Belajar; Metode Edutainment; Materi Tayamum Mata; Pelajaran Fiqih.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Secondta Habib Syarifah Zein
Date Deposited: 05 Aug 2020 23:49
Last Modified: 05 Aug 2020 23:49
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/42147

Actions (login required)

View Item View Item