Pengembangan model pembelajaran akhlak berbasis penalaran di MAN 1 Mojokerto

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Yaqin, Ainul (2019) Pengembangan model pembelajaran akhlak berbasis penalaran di MAN 1 Mojokerto. PhD thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ainul Yaqin_F23416198.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kegagalan membangun kesadaran beragama merupakan salah satu penyebab merosotnya akhlak peserta didik. Hal itu disebabkan oleh pembelajaran PAI yang bertugas mendidik akhlak, masih menggunakan cara-cara pembelajaran tradisional yang monoton, indoktriner, normatif, monolitik dan statis akontekstual. Pendidikan PAI khususnya bidang akhlak dapat berhasil apabila terdapat peningkatan kualitas penalaran (kognitif) peserta didik. Tidak mungkin peserta didik memiliki keimananan yang kuat dan akhlak mulia kalau penalarannya tidak bekerja. Berdasarkan permasalahan di atas, penelitian ini berupaya menemukan jawaban terhadap pertanyaan tentang model pembelajaran yang efektif dalam membentuk akhlak, khususnya pengembangan penalaran moral peserta didik. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan (R&D) yang dirancang untuk menghasilkan produk dan menguji efektivitasnya. Penelitian ini mengembangkan model pembelajaran akhlak berdasarkan desain Plomp yang menempuh lima fase, yaitu: 1) fase investigasi, 2) fase desain, 3) fase konstruksi, 4) fase evaluasi, dan 5) fase implementasi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi, kuisioner, tes dan FGD. Adapun teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif berupa perhitungan mean dan distribusi frekuensi yang dikonsultasikan kepada kriteria, dan analisis inferensial berupa uji t paired sampel. Hasil penelitian ini antara lain: (1) Pembelajaran Akhlak di MAN 1 Mojokerto masih cenderung behavioristik sedangkan kebutuhan siswa adalah pembelajaran akhlak kognitivistik. Oleh sebab itu, dibutuhkan model pembelajaran akhlak berbasis teori kognitif yaitu Model Pembelajaran Akhlak Berbasis Penalaran (Model PABP), (2) Langkah-langkah pengembangan model Plomp menghasilkan produk berupa Model PABP beserta turunannya: buku ajar akhlak, rencana pembelajaran, dan tes penalaran akhlak berbasis teori kognitif, (3) Desain Model PABP disusun berbasis teori kognitif Piaget, jenjang penalaran moral Kohlberg, dan model pembelajaran Joyce, Weil & Calhoun. Model yang dihasilkan dinamakan Model Pembelajaran Ta’qilul Akhlak, (4) Model PABP beserta komponen pendukungnya dinyatakan valid untuk diimplementasikan, dan (5) Model PABP terbukti efektif meningkatkan penalaran akhlak berdasarkan uji coba dengan desain One-Group Pretest-Posttest yang menghasilkan nilai signifikansi (p) 0,001) < 0,05 dan respon positif peserta didik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (PhD)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Yaqin, Ainulainulyaqin@unim.ac.idF23416198
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHilmy, Masdarmasdar.hilmy@gmail.com2002037101
Thesis advisorAsrohah, Hanunasrohah@yahoo.com2010046801
Subjects: Dirasah Islamiyah
Keywords: Model Pembelajaran Akhlak; Teori Belajar Kognitif; Penjenjangan Moral; Akhlak
Divisions: Program Doktor > Studi Islam
Depositing User: Ainul Yaqin
Date Deposited: 06 Aug 2020 03:13
Last Modified: 06 Aug 2020 03:13
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/42156

Actions (login required)

View Item View Item