Penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick dalam upaya meningkatkan keaktifan siswa pada mata pelajaran Fiqih di Madrasah Tsanawiyah Negeri 4 Mojokerto

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sabara, Rahma (2020) Penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick dalam upaya meningkatkan keaktifan siswa pada mata pelajaran Fiqih di Madrasah Tsanawiyah Negeri 4 Mojokerto. Undergraduate thesis, UIN SUNAN AMPEL SURABAYA.

[img] Text
Rahma Sabara_D01216030.pdf

Download (1MB)

Abstract

Dengan rumusan masalah Bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick di Madrasah Tsanawiyah Negeri 4 Mojokerto? Bagaimana Penerapan Model Pembelajaran kooperatif tipe talking stick dalam upaya meningkatkan keaktifan siswa pada mata pelajaran fiqih di Madrsah Tsanawiyah Negeri 4 Mojokerto ?. Jenis penelitian yang digunakan penulis ini adalah penelitian langsung melihat kelapangan (fieldresesarch) yaitu peneliti melihat secara langsung kelapangan untuk memperoleh data terkait penerapan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick. Objek dalam Penelitian ini adalah pada mata pembelajaran fiqih di Madrasah Tsanawiyah Negeri 4 Mojokerto. Teknik yang peneliti gunakan dalam pengumpulan data adalah menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dari temuan peneliti dengan hasil menunjukan bahwa siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri 4 Mojokerto dengan menggunakan metode kooperatif tipe talking stick dalam penyampaian pembelajaran fiqih meningkatkan keaktifan siswa, kendala-kendala yang biasanya terjadi dalam metode kooperatif tipe talking stick dapat diatasi oleh Madrasah Tsanawiyah Negeri 4 Mojokerto. Kendala-kendala tersebut tidak dialami oleh Madrasah Tsanawiyah Negeri 4 Mojokerto ketika menggunakan metode talkig stick. Siswa tidak merasa asing atau cangguh ketika diajak berdiskusi, siswa juga berani berpendapat yang menimbulkan suasana kelas menjadi aktif, keberanian berpendapat dan menjawab pertanyaan dari guru juga dialami di Madrasah Tsanawiyah Negeri 4 Mojokerto. Saran bagi pembaca dapat diambil sisi positif dari adanya penelitian ini dengan memberikan keilmuan serta pengetahuan bagaimana keaktifan siswa yang terjadi di Madrasah Tsanawiyah Negeri 4 Mojokerto dengan menggunkan metode kooperatif tipe talking stick dalam pembelajaran fiqih. Sedangkan saran untuk lembaga agar tetap menggunakan metode kooperatif tipe talking stick diselah-selah metode pembelajaran yang lain.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sabara, Rahmarahmasabara1997@gmail.comD01216030
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMustofa, Mmustofahuda57@gmail.com2012025701
Thesis advisorZuhri, Achmad Muhibinamizuhri@uinsby.ac.id2011077202
Subjects: Pendidikan Islam
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem
Keywords: Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick;metode talkig stick.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rahma Sabara
Date Deposited: 08 Aug 2020 06:11
Last Modified: 08 Aug 2020 06:11
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/42210

Actions (login required)

View Item View Item