Implementasi pembelajaran berhitung permulaan dengan menggunakan media sempoa kelompok B di RA Muslimat NU 10 Banin-Banat Manyar Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mahmuda, Rohmatul (2020) Implementasi pembelajaran berhitung permulaan dengan menggunakan media sempoa kelompok B di RA Muslimat NU 10 Banin-Banat Manyar Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
ROHMATUL MAHMUDAH_D98216055.pdf

Download (16MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan pembelajaran berhitung permulaan dengan menggunakan media sempoa yang diterapkan di RA Muslimat NU 10 Banin-Banat Manyar Gresik. Sekolah ini berada di desa Sidomukti di Kecamatan Manyar Kabupaten Gresik. Kecamatan Manyar ini memang masih jarang yang memberikan pembelajaran sempoa di tingkat TK/RA terlebih kegiatan ekstrakurikuler sempoa. Pada berhitung permulaan merupakan tahap awal mengenalkan berhitung penjumlahan dan pengurangan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui seperti apa penerapan sempoa serta kemampuan anak dalam melakukan berhitung permulaan dengan sempoa, dan mengamati kelemahan juga kelebihan dalam melakukan sempoa terhadap pembelajaran berhitung permulaan kelompok B di RA Muslimat NU 10 Banin-Banat Manyar Gresik. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif diskriptif pengambilan data dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Subyek penelitian berjumlah 15 anak. Teknik analisis data menggunakan model Miles and Huberman dimana prosesnya dari mereduksi data, lalu menyajikan data dan verikasi. Teknik keabsahan data yang digunakan adalah metode triangulasi. Hasil penelitian selama proses penerapan pembelajaran berhitung permulaan dengan menggunakan sempoa menyatakan bahwa sejak anak TK A, anak sudah dibekali berhitung dasar dengan sempoa, agar saat TK B anak mampu beradaptasi dengan media sempoa dengan baik dan benar. Terlihat dari observasi dan wawancara dengan guru kelas dan guru sempoa 13 anak sudah mulai menunjukkan kemampuannya dengan berhitung dengan sempoa, dan 2 anak lainnya masih perlu bimbingan dalam kegiatan berhitung penjumlahan dan pengurangan. Kelemahan saat pembelajaran sempoa ini anak yang ramai ketika pembelajaran berlangsung, akibatnya anak yang lain terganggu saat pembelajaran. Selain kelemahan, kelebihan dari belajar menggunakan media sempoa yaitu melatih motorik halus anak, serta belajar konsentrasi sejak dini sehingga anak lebih siap untuk pendidikan selanjutnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mahmuda, Rohmatulrohmatulmahmuda98@gmail.comD98216055
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSyafi'i, Imamimamsyafii_amangku@yahoo.com197011202000031002
Thesis advisorTamwifi, Irfanirf.tamwifi@gmail.com2002017001
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan > Metode
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Mahmuda Rohmatul mahmuda Mahmuda
Date Deposited: 09 Aug 2020 12:57
Last Modified: 09 Aug 2020 12:57
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/42212

Actions (login required)

View Item View Item