Analisis hukum Islam terhadap praktik jual beli telur ayam Crack (retak kulit) di desa Katerungan kecamatan Krian kabupaten Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Robbani, Muhammad Burhanuddin (2020) Analisis hukum Islam terhadap praktik jual beli telur ayam Crack (retak kulit) di desa Katerungan kecamatan Krian kabupaten Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Burhanuddin Robbani_C32213090.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitihan ini bertujuan untuk menjawab persoalan tentang bagaimana praktik jual beli telur ayam crack di Desa Katerungan Kecamatan Krian Kabupaten Sidoarjo serta bagaimana analisis hukum Islam terhadap praktik jual beli telur ayam crack di Desa Katerungan Kecamatan Krian Kabupaten Sidoarjo. Data penelitian ini dihimpun melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian di analisis menggunakan metode deskriptif analisis, adapun pola pikir yang digunakan adalah pola pikir deduktif yaitu mengemukakan pengertian-pengertian, teori-teori atau fakta-fakta yang bersifat umum, ketentuan hukum Islam dan jual beli selanjutnya di paparkan dari kenyataan yang ada di lapangan. Dari penelitihan yang telah dilakukan bahwa benar adanya praktik jual beli telur ayam crack di Desa Katerungan Kecamatan Krian Kabupaten Sidoarjo. Hasil analisis menyimpulkan bahwa praktik jual beli telur ayam crack di Desa Katerungan Kecamatan Krian Kabupaten Sidoarjo tidak sesuai dengan ketentuan syariat Islam. Hal ini dapat diketahui setelah obyek yang di jadikan jual beli mengandung unsur bahaya dan tidak memenuhi standart kesehatan setelah dilakukan pengecekan di Balai Besar Laboraturium Kesehatan Surabaya (BBLKS). Sehingga jual beli tersebut tidak sah dan dampak kerusakan yang di terima lebih besar dari kemaslahatan. Sejalan dengan kesimpulan di atas, maka disarankan yang pertama hendaknya sebagai makhluk Allah tentunnya harus mengetahuai jenis-jenis makanan apa yang dihalalkan juga diharamkan. Karena memakan makanan yang halal akan menambah iman dan meminimalisir tubuh dari penyakit. Kedua, Memberikan pengarahan dan penyuluhan kepada penjual dan konsumen mengenai makanan yang sehat khususnya telur ayam dimana sering menjadi konsumsi masyarakat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Robbani, Muhammad Burhanuddinburhanuddinrobbani92@gmail.comC32213090
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorWigati, Srisriwigatiwiwik@gmail.com2021027302
Subjects: Dokumen - Pemalsuan
Jual Beli
Keywords: Jual Beli; telur retak; telur ayam crack.
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Muhammad Burhanuddin Robbani
Date Deposited: 08 Aug 2020 11:37
Last Modified: 08 Aug 2020 11:37
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/42215

Actions (login required)

View Item View Item